10 Cara Merawat Baterai Laptop Tetap Awet & Tidak Bocor

Cara Merawat Baterai Laptop Tetap Awet – Baterai laptop merupakan bagian penting dari laptop. Selain sebagai sumber energi, baterai juga berperan menjaga stabilitas tegangan ke Laptop. Ketika Laptop tidak menggunakan baterai karena kamu cabut (energi langsung dari listrik), maka akan lebih cepat rusak daripada menggunakan baterainya. Ketika kita melakukan kegiatan dengan laptop di luar ruangan, lalu baterai laptop kamu cepat habis, bagaimana perasaan kamu? pasti sangat menjengkelkan, apalagi jika kamu sedang mengerjakan sesuatu yang sangat penting dan mendesak. Nah, kali ini saya akan berbagi tips Cara Merawat Baterai Laptop Tetap Awet.

Berikut 10 cara merawat baterai laptop tetap awet dan tidak bocor.

1. Jangan biarkan baterai dalam keadaan kosong. Setidaknya charge baterai kamu ketika masih 10% dan lepaskan charge ketika baterai sudah penuh full jika kamu tidak menggunakannya.

2. Jika kamu menggunakan laptop dalam waktu lama, ada baiknya kamu melepas baterai dan menggunakan sumber daya langsung dari charge. Tapi cara ini memiliki resiko, yaitu ketika listrik mati, laptop juga akan mati dan Mainboard juga rentan rusak karena daya yang tidak stabil. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan UPS (uninterruptible power supply), jadi ketika listrik mati, laptopmu tetap menyala 2-3 jam 😀

3. Jangan menggunakan laptop di atas sofa atau karpet karena bisa menyumbat sirkulasi udara laptop yang mengakibatkan overheating, sehingga dapat merusak baterai laptop dan mainboard juga

4. Jika baterai tidak digunakan dalam waktu lama, charge baterai sampai penuh, lalu lepaskan dari laptop dan simpanlah di tempat kering dan sejuk. Namun gunakanlah sekali-kali gar tidak menghilangkan kapasitas baterai.

5. Atur kontras dan kecerahan layar laptop. Layar yang terlalu terang akan cepat menghabiskan daya baterai yang akan memperpendek umur baterai laptop. Cara mengatur kontras dan pencahayaan layar laptop yaitu menggunakan kombinasi Fn + left key untuk menurunkan kecerahan layar.

6. Jaga baterai laptop agar tidak terkena air. Alat elektronik apapun tidak boleh terkena air karena dapat mengakibatkan kerusakan (konslet).

7. Jangan mencabut charger jika baterai sudah penuh (100%), biarkanlah tetap mengisi jika kamu sedang menggunakannya. Teknologi baterai jaman dulu dan sekarang sudah berbeda. Jika dulu ketika baterai full charger harus dicabut, teknologi baterai sekarang tidak. Justru sering mencabut dan memasang baterai akan mengakibatkan baterai cepat bocor. Informasi ini saya dapatkan dari salah satu forum terbesar di Indonesia, dan saya sendiri sudah mencobanya. Awalnya saya mengira ini bohong, tetapi ternyata saya buktikan sendiri, Laptop yang biasanya saya gunakan masih tetap awet walaupun sudah 3 tahun lama pemakaian.

8. Hindari aktifitas-aktifitas yang cepat menghabiskan baterai laptop seperti bermain game-game berat, bekerja secara multitasking (membuka banyak aplikasi) dll. Hal ini akan membuat bateraimu bekerja ekstra untuk menyuplai kebutuhan energi aplikasi yang kamu jalankan

9. Gunakan charger yang kompatibel dan asli bawaan laptop karena masing-masing charger memiliki daya isi yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan laptop. Jangan sekali-kali menggunakan charger laptop lain karena arus listriknya tidak sama dan dapat merusak baterai, apalagi jika menggunakan charger bajakan (ciri-ciri charger bajakan biasanya jauh lebih ringan dari yang asli)

10. Terakhir adalah membersihkan baterai laptop dengan lap kering. bersihkan debu-debu yang menempel di baterai. Debu-debu ini dapat membuat konektor metal baterai korosi atau berkarat. Usahakan rutin sekali sebulan

Sekian tips cara merawat baterai laptop tetap awet. Tips-tips diatas telah saya praktekkan sendiri dan hasilnya cukup memuaskan. Sekarang pilihan ada ditanganmu, mau baterai laptopmu tetap awet, atau suka kalau ganti baterai? hahaha. Semoga tips diatas dapat membantu kamu menjaga agar baterai laptop tetap awet dan tidak bocor.

Silahkan berkomentar jika kamu punya tambahan tips, pendapat lain, atau ada yang ingin kamu tanyakan mengenai cara merawat baterai laptop tetap awet.

Pencarian Terkait:

  • cara menjaga baterai laptop tidak bocor
  • mengapa baterai laptop original cepat bocor
  • tips agar baterai laptop tidak bocor

Tags: , ,