2030 Indonesia Menjadi Negara Maju

Mantan Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan optimismenya pada bangsa Indonesia saat 15 tahun ke depan akan jadi negara maju dan diakui dunia sebab kesuksesannya membangun ekonomi.

“Saya yakin dengan 2030 atau 15 tahun dari sekarang, bangsa ini akan masuk dalam emerging economy, sekarang ini juga telah masuk tahap itu, cuma belum sempurna,” katanya saat memberikan President Lecture kepada pelajar Lemhanas di Kantor Lemhanas, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Baca juga: Indonesia Sulit Menjadi Negara Maju Karena Alasan Ini

Menurut SBY, negara maju sekarang ini, juga mengalami hal yang sama dengan Indonesia sekarang ini. Dirinya mencotohkan revolusi Perancis pada 1799 dan juga revolusi industri di Inggris yang terjadi pada kurun waktu 1750 sampai 1850.

“Jangan kaget nanti bila ada pemuda dan mahasiswa yang kembali melakukan reformasi. Bangsa besar yang sekarang ini ada sekalipun, memerlukan waktu sampai berabad-abad untuk jadi negara yang maju,” katanya.

Chairman of Global Green Growth Institute itu terus meyakinkan bahwa pada puncaknya nanti tahun 2045, bangsa Indonesia bisa memenuhi segala sisi kehidupan, termasuk sistem demokrasi yang sudah matang, pemerintahan yang akuntabel dan juga kehidupan sosial ekonomi yang lebih baik.

“Semua itu, cuma dapat terselenggara bila di tahun ini dan seterusnya, Indonesia tidak dipegang oleh pemimpin yang salah urus negara,” katanya.

Alasan Indonesia menjadi Negara maju tahun 2030

Pernyataan yang disampaikan pak SBY tersebut bukan tanpa alasan. Indonesia saat ini sudah mulai menunjukkan ciri-ciri negara yang maju. Setidaknya dalam beberapa sector, Indonesia sudah tidak terlalu membutuhkan produk impor.

Dengan terus berkembangnya Negara kita kea rah yang lebih baik, bukan tidak mungkin harapan menjadi Negara maju seperti Jepang, Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan bisa terealisasi

Baca juga: Peluang Indonesia Menjadi Negara Maju Sangat Besar

Sayangnya ketergantungan terhadap Negara lain masih menyelimuti Indonesia. Pinjaman dalam setiap proyek besar yang dilakukan selalu saja melibatkan pihak asing

Pemerintah harus terus mendorong penggunaan dan kecintaan terhadap produk dalam negeri. Hal ini penting untuk merangsang tumbuhnya bibit-bibit pengusaha di kalangan muda.

Negara dengan banyak pengusaha akan memudahkan menuju menjadi Negara maju.

Pencarian Terkait:

  • indonesia maju 2030