6 Tips Membeli Handphone Bekas Agar Tidak Tertipu

6 Tips Membeli Handphone Bekas Agar Tidak Tertipu – Membeli ponsel bekas atau second mungkin saja pernah kamu lakukan, atau mungkin saat ini kamu tengah berencana membeli perangkat handphone second, lalu apa kira-kira tips yang harus dilakukan agar tidak tertipu dan kecewa ketika membeli produk bekas itu? Kali ini kami akan mencoba membagikan pada kamu tips membeli handphone bekas agar tidak tertipu. Tips ini sangat berguna bagi kamu yang masih was-was ketika akan membeli handphone bekas, apalagi jika handphone yang akan kamu beli ini dari kelas Smartphone seperti android

Handphone dari jenis smartphone ini memang sangat sulit untuk meneliti keabsahannya sebab banyak hal yang tidak terlihat seperti kecepatan, memory, kinerja, dll. Namun jangan khawatir untuk itu berikut akan kami paparkan tips membeli handphone bekas dari jenis apapun agar kamu tidak tertipu.

1.  Jika kamu membeli secara online, pastikan membeli dari toko online yang sudah terpercaya seperti Tokopedia dan BukaLapak, lihat juga reputasi penjualnya. Jika kamu membeli melalui forum seperti kaskus, OLX, atau group facebook jual beli, pastikan kamu untuk ketemuan. Jangan langsung beli karena forum, grup facebook, atau iklan baris seperti OLX tidak menjamin barang kamu. Berbeda dengan BukaLapak dan Tokopedia. Hal ini untuk mempermudah proses transaksi agar kamu tidak ragu karena dengan model seperti ini kamu bisa langsung ketemuan dan melihat barang calon penjual.

2.  Cek fisik barang saat ketemuan. Lakukan tes mulai dari booting (merestart) handphone agar kamu mengetahui sejauh mana performa ponsel yang akan kamu beli. Apakah handphone itu masih normal atau sudah mulai melambat. Kemudian cobalah membuka ke aplikasi-aplikasi yang tersedia dalam Handphone terseebut. Apabila melambat, maka sebaiknya hindari membeli ponsel tersebut karena performanya biasanya mencerminkan keadaan mesin Handphone tersebut.

Baca Juga: 23 Tips Membeli Smartphone yang Tepat Sesuai Kebutuhan

3.  Apabila yang kamu beli adalah sebuah handphone jenis smartphone, cobalah untuk membuka bagian about atau tentang ponsel. Biasanya disitu akan terlihat beberapa bagian penting dari ponsel seperti Operasional System (OS), mesin pendongkrak kinerja dan memori yang sedang digunakan di dalam perangkat.

4.  Tanyakan garansi atau kartu pembelian sewaktu si penjual membelinya pertama kali. Kamu harus memastikan barang tersebut autentik dan halal. Karena banyak sekali kejadian orang yang menjual handphone hasil curian. Contohnya jika kamu membeli HP Blackberry yang Pin-nya tidak bisa berganti, kamu bisa saja di Add oleh pemilik HP tersebut dan dituduh sebagai pencurinya. Atau bisa saja jika HP tersebut benar hasil curian dan penjualnya ditangkap, kamu bisa ikut ditahan juga dengan tuduhan sebagai PENADAH. Tentu hukumannya lebih berat daripada pencuri.

5.  Ajaklah satu atau dua orang teman kamu yang mengerti mengenai gadget dan teknologi untuk bertemu langsung dengan penjual. Dengan saran-sarannya kemungkinan besar ia bisa membantu kamu untuk memilih produk yang akan kamu beli, sehingga kamu tidak akan tertipu oleh penjual nakal.

6.  Jika kamu membelinya dari perorangan dan bukan dari Toko, mintalah fotokopi KTP si penjual untuk berjaga-jaga jika ada kemungkinan bahwa itu merupakan Handphone curian.

Nah, itulah beberapa tips membeli handphone bekas agar tidak tertipu yang bisa kami berikan. Tips tersebut jika kamu gunakan untuk membeli handphone bekas akan sangat membantu agar terhindar dari penipuan rasa kecewa setelah pembelian. Saya sendiri menerapkan selalu menemani teman atau kerabat ketika mereka ingin membeli laptop ataupun handphone bekas, karena tidak mengenakkan jika kenalan kita kena tipu kan?

Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan ataupun tambahan mengenai tips membeli handphone bekas agar tidak tertipu, silahkan berkomentar dibawah.

Pencarian Terkait:

  • cara membeli smartphone agar tidak tertipu
  • cara mencek hp samsung agar tidak kena tipu
  • cara mengecek hp bekas saat membeli
  • Tips membeli android second tidak kena tipu
  • tips membeli handphone curian