Begini Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok Para Remaja

Masa remaja bisanya identik dengan semangat mencoba-coba hal baru. Sebab itu, tidak ayal, remaja banyak yang suka mencoba hal-hal baru baik yang positif maupun negatif seperti merokok.

Membujuk mereka untuk merubah gaya hidupnya untuk lebih sehat tentu saja jadi hal yang cukup sulit. Menurut sebuah penelitian paling baru, cara paling efektif untuk membujuk remaja yaitu dengan memberitahukan pesan-pesan kesehatan yang positif, ketimbang memperingati mereka dengan hal yang bersifat menakut-nakuti.

Baca juga: Ternyata, Banyak Remaja Merokok karena Coba-coba dan mau Terlihat Keren

Para peneliti dari University College London menyimpulkan, peringatan bahaya merokok, seperti menambah risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung, tidak ampuh mengehentikan kebiasaan merokok bagi remaja. Sebaliknya, peringatan yang berisi manfaat bila berhenti merokok seperti: bisa menghemat uang, wajah lebih awet muda, dan kulit lebih berkilau justru lebih mereka sukai.

Riset itu melibatkan relawan berumur 9 sampai 26 tahun. Mereka diminta menghitung risiko kesehatan tertentu di tubuh mereka, seperti penyakit paru-paru dan kecelakaan mobil.

Kemudian, peneliti menyuguhkan data statistik mengenai kebiasaan negatif dan risiko kesehatannya. Mereka juga mencatat bila ada perubahan perilaku relawan setelahnya. Hasilnya, informasi yang diberikan itu tak banyak dipakai untuk merubah kebiasaan negatif para relawan.

“Temuan ini bisa membantu menjelaskan keterbatasan peringatan yang berisi risiko kesehatan dari kebiasaan buruk, apalagi yang menargetkan pada orang-orang muda,” kata Ketua Studi Dr Christina Moutsiana.

Penelitian ini juga mendapati, gambar-gambar seram yang ada pada kemasan rokok, belum tentu efektif menghentikan kebiasaan merokok para remaja. Menurut mereka, pendekatan yang paling bagus ialah dengan memberikan informasi mengenai manfaat yang remaja dapatkan ketika menghentikan kebiasaan merokok itu.

Merokok merupakan kebiasaan yang mempunyai risiko kesehatan tinggi bagi remaja. Sebuah penelitian mendapati, remaja yang pernah merokok, walaupun Cuma sekali dalam hidupnya, 39% lebih memungkinkan untuk jadi perokok di masa yang akan datang.

Baca juga: Penelitian: 70% Perokok Ingin Berhenti Merokok. Ayo Dibantu!!

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ada sekitar 400.000 remaja mulai merokok setiap tahun. Sebagai penyebab kematian utama yang mampu dicegah, kebiasaan merokok perlu dihentikan.

Marilah kita mengajak adik-adik kita untk menghentikan kebiasaan merokoknya dengan cara memberikan gambaran positif kepada mereka tentang bagusnya berhenti merokok. Menakut-nakuti mereka dengan macam-macam penyakit dinilai sudah tidak ampuh lagi sekarang.

Tags: ,