Wow, Ternyata Berhenti Merokok Memperpanjang Umur. Ini buktinya

Sudah banyak penelitian yang membahas tentang bahayanya merokok bagi kesehatan, tapi bagaimana jika ada penelitian yang membahas tentang orang yang berhenti merokok? Tentunya sangat menarik bukan.

Nah, menurut sebuah studi, Wanita yang berhenti merokok sebelum umur setengah baya, dapat hidup satu dekade lebih lama daripada wanita yang terus-menerus merokok. Artinya berhenti merokok memperpanjang umur para partisipan.

Itulah kesimpulan hasil penelitian di Inggris, yang melibatkan lebih satu juta wanita. Studi ini membandingkan perokok dengan wanita yang tidak merokok. Ternyata mereka yang terus merokok sampai umur 40 tahun, memiliki risiko dua kali lipat meninggal dunia dalam waktu 12 tahun.

Baca juga: Merokok Dekat Anak Berarti Anda Mengajarinya Merokok Juga. Ini Buktinya

Menurut para ilmuwan, wanita yang berhenti merokok di umur 40 tahun, dapat menghindari sekitar 90 persen risiko kematian lebih cepat akibat merokok. Bila berhenti merokok di umur 30 tahun, risiko kematian yang dapat dihindari sekitar 97 persen.

Studi yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Lancet ini, melibatkan lebih satu juta wanita yang lahir pada 1940-an, dan temuannya serupa dengan hasil studi lain pada laki-laki.

Sir Richard Peto, dosen dan peneliti dari University of Oxford mengungkapkan, wanita yang lahir sekitar tahun 1940-an merupakan generasi pertama orang dewasa yang mulai banyak merokok. Sebab itu, barulah di abad ke-21 peneliti dapat memperhatikan dampak dan gangguan jangka panjang yang terjadi, terutama kematian dini.

Para partisipan yang berumur sekitar 55 tahun, dipantau selama 1996-2011. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner tentang gaya hidup, serta faktor medis dan kehidupan sosial.

Dari pengamatan yang dilakukan, diketahui sekitar 66 ribu peserta tersebut meninggal dalam kurun waktu 12 tahun studi. Di antara yang meninggal, 20 persen di antaranya perokok, 28 persen pernah merokok, dan 52 persen sama sekali tidak merokok.

Baca juga: Hasil Riset: Ihhh Serem, 15 Batang Rokok Dihisap Terjadi Satu Mutasi DNA!!

Saat dibandingkan dengan yang tidak merokok, responden yang masih merokok tiga tahun sesudah riset dimulai, kemungkinan meninggal dunianya tiga kali lipat dalam sembilan tahun ke depan.

Para ilmuwan mengatakan, penyakit yang disebabkan rokok seperti kanker paru-paru, jadi pemicu utama kematian di kalangan perokok.

Bagaimana sob, masih mau terus merokok? Atau mau memiliki umur yang panjang? Semua ada ditanganmu. Bila kamu terus merokok, berati kamu memperpendek umurmu. Sebaliknya, berhenti merokok memperpanjang umur. Jika kamu ingin berhenti merokok, bisa membaca cara dan tips berhenti merokok.

Share kepada teman-temanmu yang merokok agar mereka mau berhenti.

Pencarian Terkait:

  • berhenti merokok d usia 28 thun

Tags: ,