10 Cara Memanfaatkan Sosial Media untuk Usaha dengan Kreatif

Sudah banyak yang pernah membahas tentang kekuatan sosial media. Sudah banyak pula yang memanfaatkan sosial media untuk usaha/ bisnisnya.

Sosial media menjadi salah satu trik pemasaran yang murah tetapi powerful dan ampuh untuk mendongkrak penjualan/ bisnis anda

Dikatakan murah sebab tidak diperlukan biaya untuk bergabung dengan aplikasi sosial media itu, seperti Youtube, Twitter, Facebook, Google+ dan juga blog.

Kamu dapat bergabung dengan gratis dan langsung memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan di aplikasi itu.

Dikatakan powerful sebab cakupan pesannya dapat menjangkau sedemikian luas sehingga bisnis kamu bisa terkenal dengan lebih cepat.

Dengan beragam kelebihan diatas, rasanya tak ada alasan agar tidak memanfaatkan kekuatan sosial media itu.

Sebab cara ini cenderung murah, maka kreativitas kita diminta untuk bisa memanfaatkannya secara maksimum.

Pertanyaannya ialah, bagaimana cara kita memanfaatkan kekuatan sosial media itu secara kreatif supaya hasil yang didapat bisa maksimum?

Baca juga: 6 Cara Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan sosial media untuk usaha secara kreatif.

1. Posting info yang bermanfaat

Apapun yang kamu bagikan di dunia sosial media haruslah otentik dan mencerminkan pribadi kamu sebenarnya dan bukan merupakan iklan atau sponsor produk tertentu.

postingan yang bermanfaat akan viral sehingga mendatangkan banyak pengunjung

postingan yang bermanfaat akan viral sehingga mendatangkan banyak pengunjung

Dan info yang baik ialah info yang memunyai elemen “call to action” yang sanggup membuat pembaca atau follower kamu tanpa sadar melakukan apa yang kamu minta.

Men-twit foto-foto atau artikel lain yang kamu rasa menarik untuk dibagikan.

Yang layak diingat yaitu bahwa semua ini merupakan merupakan suatu usaha untuk membuat komunikasi yang intens antara kamu dengan pembaca atau follower kamu, bukan untuk mencari follower baru.

Follower akan meningkat bila mereka merasa apa yang kamu bagikan itu bermanfaat buat mereka.

Apapun info yang kamu bagikan atau kamu tulis, buatlah info yang bermanfaat dan juga berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Dengan begitu, orang-orang yang juga menekuni bidang yang sama dengan bidang yang kamu tekuni akan berminat untuk mencoba produk atau jasa yang diajukan oleh bisnis kamu itu.

2. Memanfaatkan Sosial Media untuk Usaha dengan memberikan diskon atau penawaran khusus

Menganggap remeh kekuatan Facebook atau Twitter adalah sebuah kesalahan besar.

Jika kita jeli dan kreatif memanfaatkannya, kedua aplikasi sosial media itu dapat memberi dampak yang besar terhadap penjualan produk kamu.

berikan diskon kepada para pelanggan melalui sosial media

berikan diskon kepada para pelanggan melalui sosial media

Pakai kedua aplikasi itu untuk memberikan penawaran menarik atau diskon khusus.

Baca juga: 4 Tips Mendapatkan Pelanggan dengan Mudah

Caranya bagaimana?

Contohnya dengan melakukan mention pada akun kamu, pelanggan akan mendapatkan sebuah insentif menarik atau mendapatkan diskon sebesar 20% saat mereka datang ke outlet kamu dengan menunjukkan bukti mention itu.

Atau dapat pula dengan memberi informasi paling baru tentang tempat penjualan outlet kamu, maka pelanggan ingin tidak ingin akan terus memantau akun sosial media kamu guna menunggu info-info paling baru.

Contoh kreatif dalam memberikan informasi penjualan itu dapat kamu baca disini.

Cara memanfaatkan sosial media untuk usaha dengan memberikan diskon sejauh ini cukup ampuh

3. Berikan info paling baru tentang berbagai kegiatan dari setiap departemen.

Salah satu sifat pelanggan yang harus kamu ketahui ialah, mereka cenderung mau tahu keadaan internal perusahaan favoritnya.

Nah, sebab sifat mereka yang semacam ini kenapa tidak kamu manfaatkan saja sekaligus rasa penasaran mereka secara kreatif dengan memberikan info-info yang amat baru dari dapur perusahaan kamu

Medium yang amat tepat untuk melakukan hal ini yaitu dengan memanfaatkan Twitter.

Meskipun kapasitas pesannya singkat cuma sebanyak 140 karakter, tetapi aplikasi naungan Jack Dorsey ini dapat memberikan informasi singkat yang cepat dan padat kepada mereka yang memang haus info-info paling baru langsung dari sumbernya.

Bagaimana caranya?

Katakanlah perusahaan kamu akan menggelar pameran produk.

Kerahkan divisi Pemasaran untuk men-twit informasi mengenai pameran produk yang akan dilangsungkan kepada para followernya.

Informasi yang diberikan seperti tempat, waktu, serta lokasi.

Bila divisi Pemasaran men-twit informasi umum dari pameran itu, divisi Produksi akan men-twit informasi detail tentang produk yang akan dipamerkan, seperti contohnya info detail produk, spesifikasi, kualitas, bahan baku yang dipakai, dan lain sebagainya yang terkait dengan proses produksi produk itu.

Sedangkan divisi Humas bisa men-twit foto-foto terkait dengan produk yang akan dipamerkan, menjalin komunikasi dengan calon investor yang untuk bekerja sama, menginformasikan kerjasama-kerjasama bisnis yang dilakukan perusahaan kamu, dan lain sebagainya.

Intinya, bergantung kreativitas kamu dalam memanfaatkan Twitter secara kreatif pada bisnis, kemungkinannya akan jadi sangat tidak terbatas.

Contoh dari bisnis yang memakai model itu ialah Zappos dan The Walter Art Museum.

4. Harus aktif, interaktif, informatif dan kreatif di Sosial Media

Tujuan kamu memakai sosial media ialah untuk memperkenalkan dan memasarkan bisnis kamu kepada sebanyak mungkin calon pelanggan, benar kan?

contoh cara memanfaatkan sosial media untuk usaha dengan membagikan berita yang lagi tren

contoh cara memanfaatkan sosial media untuk usaha dengan membagikan berita yang lagi tren

Bagaimana mungkin calon pelanggan akan mengenal bisnis kamu bila kamu cuma diam dan pasif tanpa ada interaksi sama sekali saat bergabung di sosial media

Jadilah aktif!

Pakai kotak komentar pada blog kamu untuk berdiskusi dengan para pembaca blog kamu.

Jadilah interaktif dengan memakai mention di Twitter untuk berinteraksi dengan para follower kamu, atau dengan tokoh yang berpengaruh pada industri yang kamu tekuni.

Jadilah informatif dengan membagikan info-info menarik dan relevan dengan bisnis yang kamu tekuni kepada para pengikut dan fans bisnis kamu.

Dan juga jadilah kreatif dengan memberikan solusi-solusi yang kreatif untuk beragam persoalan yang boleh jadi ada di industri kamu itu.

Baca juga: 4 Tips Merintis Usaha bagi Pegawai Kantoran

Bila kamu tekun melakukan hal-hal itu, telah dapat dipastikan bisnis kamu akan jadi lebih cepat dikenal dan direkomendasikan banyak orang!

5. Berikan hal-hal yang sifatnya gratis dan dapat cepat tersebar.

Cara paling standar yaitu dengan memberikan ebook gratis yang bermanfaat, pastinya dengan kualitas yang bagus dan bukan asal-asalan. Adakan juga kontes-kontes yang berhadiah menarik (tak harus mahal) dengan syarat harus me-mention perusahaan kamu. Namun pakai secara bijak, jangan terkesan spam!

6. Posisikan diri kamu sebagai seorang ahli

Di zaman sosial media seperti saat ini ini, jadi seorang ahli di bidang tertentu belum pernah terasa begitu mudah.

Bila kamu menyenangi hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi programming contohnya, tunjukkan bahwa kamu ahli dalam bidang itu dengan metode melakukan komentar pada blog lain yang sejenis maupun publikasi online lainnya.

Tetapi harus kamu ingat, saat kamu berkomentar pada blog lain itu, selalu berkomentar secara bijak dan bertujuan untuk menyempurnakan artikel sang pemilik blog.

Bila kamu tidak sepakat dengan apa yang ditulisnya, jangan langsung memberikan komentar bantahan sebab hal itu cuma akan membuat sang pemilik merasa tidak nyaman.

Usahakan untuk memberitahukan ketidaksepahaman kamu dengan sopan dan dengan bahasa yang tersamar.

Oya satu lagi yang harus kamu ingat saat berkomentar pada blog lain ialah, selalu cantumkan diri kamu secara utuh lengkap dengan alamat situs yang kamu punyai.

Jangan pernah berusaha untuk menjual sesuatu pada blog itu sebab cuma akan membuat kamu tampak seperti tukang spam!

7. Jalin komunikasi dengan “Influencer”

Pernah mendengar mengenai istilah influencer Secara garis besar influencer bisa diartikan sebagai seseorang yang memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap para followernya sehingga dapat memengaruhi perilaku berbelanja mereka.

Tugas kamu ialah mencari influencer dalam bidang yang kamu tekuni dan mencoba untuk menjalin komunikasi dengan mereka.

Bila mereka terkesan, dengan senang hati mereka akan menyebut brand atau perusahaan kamu kepada ribuan follower atau fansnya secara GRATIS!

Kenapa bisa demikian Sebab seorang influencer cenderung suka berbagi pengalaman kepada para followernya.

Apakah itu pengalaman memakai suatu produk, mengonsumsi makanan, berjalan-jalan ke suatu lokasi, atau malah membaca suatu artikel yang menarik sekalipun akan segera diberitakan kepada para penggemarnya.

Jadi, bila influencer itu merasa terkesan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, sudah bisa dipastikan dia dengan sukarela akan menganjurkan usaha kamu kepada para followernya!

Oleh sebab itu, cari influencer dalam bidang atau industri yang kamu tekuni dan cobalah untuk menjalin komunikasi intensif dengannya.

Ingat, komunikasi yang dijalin harus saling menguntungkan tidak terkesan memaksa.

8. Jadikan sosial media sebagai layanan pelanggan yang responsif dan cepat

Memanfaatkan sosial media untuk usaha juga banyak macamnya, salah satunya interaksi dengan pelanggan.

Baca juga: 6 Cara Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Sosial media dapat jadi sebuah alat yang efektif sebagai media layanan pelanggan.

manfaatkan sosial media untuk usaha sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan

memanfaatkan sosial media untuk usaha sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan

Kamu bisa memberikan penawaran melalui sosial media.

atau juga dapat jadi alat yang amat efektif dan responsif untuk menghadapi berbagai keluhan yang diutarakan oleh konsumen kamu.

Dengan memakai sosial media, bisnis kamu akan bisa secara cepat menangkap isu-isu yang terkait dengan produk atau jasa yang kamu jual.

Kamu bisa memantau berbagai percakapan yang melibatkan produk yang kamu jual baik positif maupun negatif.

Bila kamu mampu mengatasi masalah para konsumen kamu dengan sempurna, sudah dapat dipastikan bisnis kamu akan kian berkibar,

sebab bagaimanapun juga suara pelanggan mencerminkan kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan.

9. Memantau info yang terkait dengan industri bisnis kamu

Selalu monitor info-info yang terkait dengan industri yang kamu tekuni dalam berbagai saluran sosial media.

Peluang apa yang ada?

Tantangan seperti apa yang akan timbul?

Bagaimana perilaku konsumen sekarang ini dan masa mendatang?

Seluruh hal itu harus selalu kamu monitor supaya bisnis kamu dapat memperoleh informasi terbaru yang berfungsi untuk penetapan strategi berikutnya.

Disamping itu jangan lupakan juga networking. pantau terus info-info yang terkait dengan bisnis kamu.

Siapa yang sedang memerlukan produk atau jasa seperti yang kamu tawarkan Cari mereka.

Perkenalkan bisnis kamu dengan mereka.

Lakukan komunikasi untuk mendapat umpan balik terhadap kemauan mereka.

Yang kamu lakukan sekarang ialah memperluas jaringan bisnis yang kamu jalani.

10. Sosial media sebagai media komunikasi bagi pegawai

Meskipun tampak seperti tidak berkaitan, namun pegawai yang puas akan menaikkan citra bisnis kamu di hadapan pelanggan.

sosial media bisa menjadi salah satu sarana berkomnikasi dengan karyawan. Contohnya grup facebook ini

sosial media bisa menjadi salah satu sarana berkomnikasi dengan karyawan. Contohnya grup facebook ini

Rumor-isu seperti UMK, investasi, ekonomi atau politik serta akibatnya kepada perusahaan dapat kamu diskusikan dengan pegawai kamu.

Masukan dari mereka akan jadi sangat berharga.

Baca juga: 3 Tahap Cara Mengetahui Pelanggan yang Berprospek Bagus

Nah, dengan diskusi yang melibatkan medium yang terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja, calon pelanggan bisa melihat reputasi perusahaan yang produknya mereka pakai.

Perusahaan yang baik merupakan perusahaan yang memperhatikan pegawai dan juga konsumennya.

Pegawai yang puas bisa secara otomatis jadi ‘salesperson’ yang handal yang pernah kamu punyai.

Ok. Itulah beberapa cara memanfaatkan sosial media untuk usaha yang cukup kreatif. Sejauh ini Tak ada cara yang lebih efektif ketimbang ini.

Yang harus kamu lakukan ialah membuat daftar dari aplikasi-aplikasi sosial media itu yang dapat membuat bisnis kamu memetik hasil yang maksimum.

Pelajari kekuatan dan kelemahan setiap aplikasi serta cakupannya terhadap bisnis kamu.

Dari segala cara itu, menurut kamu cara seperti apa yang sesuai bagi bisnis kamu