4 Tahap Cara Membuat Brand/Merek Produk yang Original

Cara membuat brand/merek – Menghasilkan merek yang original, menarik dan bernilai tinggi ialah cita-cita para wirausahawan. Segala daya dan upaya dikerahkan demi menghasilkan sebuah merk yang original/ orisinil.

Pernah mendengar istilah ATM Di dunia usaha? Istilah ATM itu diartikan sebagai Perhatikan, Tiru, dan Modifikasi.

Artinya adalah, bila kamu bingung dalam merintis bisnis, pakai saja prinsip itu pada pesaing kamu untuk menirunya dan terapkan dengan sedikit modifikasi supaya bisnis kamu jadi terlihat berbeda ketimbang pesaing kamu.

Nah, bisakah prinsip itu diterapkan untuk menghasilkan merk yang original?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, satu hal yang mesti kamu ingat ialah bahwa proses branding merupakan suatu upaya agar membedakan bisnis kamu dari pesaing, yaitu menekankan pada perbedaannya, BUKAN persamaannya.

Bila kamu berusaha untuk menghasilkan sebuah merk yang orisinil dengan metode meniru merk pesaing TANPA melakukan modifikasi apapun, kamu cuma akan kian memperkuat posisi merek pesaing di mata pelanggan kamu, bukan merek kamu.

Karena itu, untuk dapat menghasilkan merek yang original jangan meniru mentah-mentah semua yang ada di pesaing.

Baca juga: 3 Tips Membuat Logo yang Bagus dan Bernilai Jual Tinggi

Tetapi, pakailah kreativitas kamu untuk mengakomodir hal-hal yang boleh di ‘tiru’ dan di modifikasi sesuai dengan bisnis kamu supaya bisa menghasilkan merk yang bernilai jual tinggi.

Kira-kira, hal apa saja yang disarankan dihindari waktu akan melakukan ‘penjiplakan’ sehingga dapat menghasilkan brand yang orisinil? Berikut ini merupakan beberapa cara membuat brand produk.

1. Jangan meniru desain atau materi penjualan pesaing kamu

Meskipun pesaing kamu memiliki materi penjualan serta promosi yang luar biasa bagus, JANGAN pernah berusaha untuk meniru materi mereka agar dapat menghasilkan merk yang orisinil.

Mengapa? Sebab hal itu cuma akan membuat bisnis kamu kian tampak serupa dengan bisnis mereka.

Walau begitu, ada hal-hal yang dapat kamu tiru dan kembangkan dari materi promosi mereka.

Seperti contohnya sudut pandang dari foto produk yang mereka tawarkan, pemakaian warna-warna yang ‘berani’ dan lain sebagainya.

Namun ingat, jangan pakai warna yang sama atau membuat materi promosi yang memakai sudut pandang yang terlalu mirip. Pakailah kreativitas kamu supaya bisa membuat merek berkualitas.

2. Sampaikan isi pesan kamu dengan gaya yang “lain dari yang lain”.

Setiap merk yang orisinil/asli memberitahukan pesan yang akan disampaikan kepada para konsumen mereka dengan gaya yang unik dan berbeda.

Ada yang menyampaikannya dengan langsung menuju ke inti persoalan.

Ada yang menyampaikannya dengan gaya humoris.

Atau, ada juga yang menyampaikannya dengan gaya berbincang.

Apapun gaya komunikasi brand kamu, lakukan dengan serius dan konsisten. Kamu bisa saja meniru gaya komunikasi dari merk favorit kamu contohnya.

Tetapi jangan sampai gaya komunikasi kamu terlalu terpengaruh oleh brand favorit kamu tadi.

Buatlah seunik dan seoriginal mungkin dan merefleksikan pribadi perusahaan dan produk kamu supaya pesan yang akan disampaikan dapat diterima dengan bagus dan dapat membentuk merk yang orisinil.

Baca juga: 6 Cara Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Cara membuat brand produk memang gampang-gampang susah. Perlu kejelian disetiap pemilihan katanya.

3. Pilih warna utama yang tepat untuk bisnis kamu

Mungkin hal ini tampak mudah, tetapi untuk dapat menghasilkan merk yang orisinil kamu harus dapat memilih warna utama yang sesuai.

Pemilihan warnah harus bisa dipakai dalam segala hal yang berkaitan dengan bisnis dan perusahaan kamu.

Seperti contohnya pada logo, materi penjualan dan promosi, kemasan produk dan lain sebagainya.

Misalnya seperti:

  • Warna merah pada merk Coca-Cola.
  • Biru pada Pepsi.
  • Kuning pada McDonald’s dan seterusnya.

Pemilihan warna merupakan salah satu tahapan cara membuat merek  yang penting. Pemilihan warna yang tepat dapat menghasilkan merek yang original dan berkualitas tinggi.

4. Jangan berusaha meniru nama pesaing kamu

Meskipun mungkin maksud kamu ialah supaya pelanggan ‘tertipu’ memilih merek kamu sebab mereka menyangka bahwa merek kamu ialah brand pesaing kamu, begitu kan?

Tetapi bukannya dapat menghasilkan merek yang original, bila standar kualitas yang merk kamu tawarkan berada jauh dibawah pesaing kamu maka secara cepat pelanggan akan pergi meninggalkan kamu .

Karena itu buat nama merek kamu sebeda mungkin dengan pesaing kamu, meskipun bisnis yang kamu tekuni sama. McDonald’s dan Burger King sama-sama berbisnis burger.

Tetapi apakah nama merk mereka sama Coca-cola dan Pepsi sama-sama berbisnis minuman kola berkarbonasi. Apakah nama merek mereka mirip Kamu bisa lihat sendiri perbedaannya.

Jadi, ciptakan nama yang unik dan berbeda supaya brand yang orisinil bisa terbentuk dengan otomatis.

Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Slogan Produk yang Bagus

Beberapa hal cara membuat brand/ merek diatas dapat kamu terapkan pada bisnis supaya dapat menghasilkan merek yang orisinil dan berkualitas tinggi. Yang paling penting, pakai selalu kreativitas supaya merk kamu bisa berbeda dan unik dari para pesaing.

Jika artikel cara membuat merek produk yang original dan menarik ini bermanfaat, share ke sosial media mu agar bermanfaat juga bagi orang lain.

Pencarian Terkait:

  • cara menentukan merek/brand yang baik