Cara Membuat Sampo dari Santan & Lidah Buaya serta Penggunaannya

Membuat Sampo Sendiri – Ada sebuah pengalaman menarik dalam perawatan rambut yang kami temukan di internet (blog.kanelstrand.com), kami sampaikan kepada Anda semua mudah-mudahan bermanfaat.

Membuat sampo dari santan dan lidah buaya

Begini ceritanya:

Setelah 3 tahun setia keramas dengan baking soda (saran seseorang tapi tanpa-bukti) kami melihat bahwa rambut kami telah menjadi rapuh dan kering.

kami melakukan uji keasaman (Uji pH) yang membuktikan bahwa saat kami sedang berusaha menyelamatkan rambut kami dari bahan kimia beracun dalam sampo komersial Kami malah menghancurkannya dengan baking soda alkali tinggi.

(Berikutnya kita akan bahas lebih lanjut tentang pH baking soda dan mengapa Anda tidak boleh menggunakannya sebagai sampo)

Baca juga: 4 Tips Mewarnai Rambut dengan Benar dari Ahli Rambut

Kami mengatur perjalanan untuk menemukan sampo buatan sendiri yang mudah untuk membuatnya yang tidak hanya akan menggantikan baking soda, tetapi juga akan memiliki pH yang seimbang.

Manfaat Santan dan Lidah Buaya untuk rambut

Kelapa kaya akan protein, vitamin dan mineral, santannya membantu melawan ketombe dan kulit kepala kering, juga digunakan untuk melawan rambut rontok, juga mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat.

Sejak zaman kuno Lidah Buaya telah digunakan untuk mengobati ketombe dan kulit kepala kering, kulit gatal, sama seperti santan, kaya akan vitamin dan mineral, yang bermanfaat untuk rambut dan kulit. Ia mendorong kelembaban dan rambut bersinar dan digunakan dalam banyak produk pendingin.

pH santan

Sebelum menggabungkan santan kelapa dan Lidah buaya kami menguji pH kedua bahan itu. Santan netral, ia memiliki pH 7,0.

cara menggunakan sampo santan dan lidah buaya 2

kandungan Ph santan kelapa

pH Lidah Buaya

Lidah Buaya, di sisi lain adalah sedikit asam, dengan pH 3,0.

cara menggunakan sampo santan dan lidah buaya 3

kandungan Ph lidah buaya

pH Campuran Santan dan Lidah Buaya

Ketika kami mencampurkan santan dan Lidah Buaya dalam rasio yang disarankan di situs Thank Your Body, kami dapatkan sampo buatan sendiri dengan pH yang seimbang. Lihatlah hasil pengujiannya:

cara membuat sampo dari santan dan lidah buaya 4

kandungan Ph lidah buaya dan santan kelapa

Seperti yang Anda lihat, ia menunjukkan strip uji dengan pH 4,5 yang sama seperti pH rambut.

Penjelasan mengapa pH sampo penting bagi kesehatan rambut?

pH (potensial Hidrogen) adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu zat. pH dinilai dengan skala antara 0 dan 14. Apa pun dengan pH kurang dari 7,0 adalah asam, 7,0 netral, dan yang dengan pH lebih dari 7,0 adalah basa.

Rambut dan kulit kepala ditutupi oleh lapisan cairan yang sangat tipis terdiri dari minyak, garam dan air, yang disebut mantel, yang sedikit asam dan memiliki keseimbangan pH antara 4,5-5,0.

Baca juga: 7 Tips Cara Merawat Rambut Dari Para Ahli Rambut Dunia

Keasaman alami dari rambut dan kulit kepala mencegah jamur dan bakteri, dan membuat kutikula tertutup dan sehat.

Produk-produk untuk rambut (seperti sampo) yang tidak memadai dapat mengganggu pH alami rambut. Jika rutinitas perawatan rambut Anda terlalu alkali, kutikula rambut Anda akan tetap terbuka dan rambut Anda akan menjadi kering dan rapuh.

Tetapi jika Anda menggunakan produk dengan pH yang seimbang, yaitu yang dekat dengan pH alami rambut (4,5-5,0) kutikula rambut Anda akan menutup dengan benar yang akan menghasilkan rambut berkilau sehat.

Resep sampo santan dan Lidah Buaya dengan pH seimbang

cara membuat sampo dari santan dan lidah buaya 5

cara membuat sampo dari santan dan lidah buaya

Resep ini sangat cocok untuk kulit kering, ketombe rawan rambut dan kulit kepala.

Resep Robin di Thank Your Body meresepkan jumlah yang lebih banyak baik untuk santan maupun Lidah Buaya, yang ia kemudian menyarankan untuk disimpan dalam freezer, ini merupakan ide bagus, tapi aku ingin memastikan shampoo bekerja pada rambut kami sebelum kami mengambil langkah lebih untuk sampo ini.

Bahan

• 2,5 oz (75 ml) santan
• 3 oz (88 ml) Lidah Buaya

Petunjuk

• Campur santan dan Lidah Buaya sampai tidak ada gumpalan yang tersisa.
• Oleskan pada rambut basah.

Baca juga: Rahasia Perawatan Kecantikan untuk Wanita Aktif

Penggunaan sampo Santan dan Lidah Buaya

Tidak ada yang khusus tentang penerapan sampo ini pada rambut Anda, persis seperti yang akan Anda lakukan dengan sampo apapun: oleskan pada rambut basah,

1. Oleskan pada rambut basah, dan taruh beberapa sampo pada jari-jari Anda. Pijatkan ke kulit kepala.
2. Pijatkan dengan baik ke kulit kepala.
3. Biarkan ia meresap selama beberapa menit.
4. Bilas dengan banyak air hangat.
5. Sebagai kondisioner gunakan 1 sendok makan cuka sari apel yang diencerkan dalam 1 cangkir air.

Pengaruh tepung gandum pada rambut

Sayangnya, sampo santan dan Lidah Buaya menjadikan rambut kami terasa berminyak. Sebenarnya, wajah kami berminyak juga dan kami harus menggunakan sabun untuk membersihkannya. Kami pikir alasannya adalah protein dalam santan kelapa, yang kami telah memperhatikan bahwa rambut dan kulit kepala kami tidak toleran terhadapnya.

Perlu kami sampaikan bahwa kami memiliki rambut yang sedikit berminyak dan ini mungkin menjadi alasan untuk efek berminyak tersebut.

Itu sebabnya, kami terapkan sampo yang sama pada rambut suami saya, yang berketombe dan sangat kering dan efeknya sangatlah indah.

Secara keseluruhan, kami menyukai betapa mudahnya membuat sampo ini, menyukai bau dan sifat-sifat baik santan maupun Lidah Buaya.

Baca juga: Ternyata Merokok Bikin Bekas Jerawat Tambah Parah dan Bopeng

Sangat mudah untuk menerapkannya dan memiliki bau yang menyenangkan. Meskipun tidak bekerja dengan baik pada rambut saya, kami sarankan untuk rambut kering, rusak dan kulit kepala berketombe.

Semoga penjelasan Cara Membuat Sampo dari Santan & Lidah Buaya serta Penggunaannya ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba, share ke sosial media agar orang lain juga mengetahuinya.

Pencarian Terkait:

  • Santan dan lidah
  • shampo dari lidah