Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman Pisang

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman Pisang – Pisang merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, banyak makanan yang dapat dihasilkan dari olahan pisang. Jumlah pisang di Indonesia pun sangat melimpah karena untuk membudidayakan pisang bukan lah hal yang sulit. Pisang juga sangat mudah tumbuh dengan liar.

Banyak dari masyarakat yang memubudidayakan pisang sebagai salah satu sumber penghasilan. Beberapa petani pisang bahkan mampu memproduksi hingga ribuan ton pisang pertahunnya. Walaupun begitu, tidak sedikit yang membudidayakannya sebagai hobi berkebun semata atau karena kegemarannya memakan buah pisang.

Meskipun berbudi daya pisang itu cukup mudah, dan sebagian orang menganggapnya sebagai hobi yang menyenangkan, bukan berarti dalam prakteknya tidak ada kendala sama sekali. Salah satu contoh kendala yang sering dihadapi oleh mereka-mereka yang bercocok tanam tanaman pisang adalah serangan hama. Yah, ini terjadi pada hampir seluruh tanaman yang dibudidayakan. Berikut adalah jenis-jenis hama pada tanaman pisang dan tips untuk mengatasinya dengan benar.

Hama penggerek bonggol.

Hama ini berupa kumbang yang menghasilkan larva. Larva-larva tersebut hidup di bonggol-bonggol pisang. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan mengganggu sistem transportasi makanan ke seluruh tubuh tanaman pisang yang dilakukan dari akar. Selain itu, jika bonggol semakin berlubang, maka akan mempermudah hama lain untuk masuk sehingga tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik. Cara yang tepat untuk memberantasnya adalah dengan memusnahkan kumbang dewasanya dengan menggunakan cairan insektisida.

Baca Juga: Tips dan Cara Budidaya Pisang yang Baik

Hama ulat penggulung daun.

Ulat penggulung disebut juga dengan Erionata Thrax L yang memakan daun pisang dengan menggulungnya terlebih dahulu. Ulat ini akan menelurkan larva di dalam gulungan tersebut. Akibatnya, daun pisang akan gundul. Untuk memberantas hama ulat penggulung ini adalah dengan menggunakan cairan insektisida jenis Diazinon 60 EC dan Bayrusil 250 EC. Sedangkan cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil semua daun yang bergulung dan membakarnya, atau mengambil seluruh larva dan membuangnya.

Hama kudis pada buah pisang.

Penyakit ini disebabkan oleh serangga yang bernama Nicoleia Octamena. Jika diserang oleh hama ini, kulit buah pisang akan menjadi kasar dan tidak bagus. Untuk membasmi hama ini, cukup dengan menggunakan cairan insektisida berjenis Nogos 50 EC dan Basudin 60 EC.

Uret.

Uret ini bisa mengakibatkan berlubangnya tubuh pisang, mulai dari batang hingga ke umbi. Untuk membasmi hama ini adalah dengan memasukkan bibit tanaman pisang pada cairan insektisida sebelum ditanam selama kurang lebih 15 menit.

Hama penggerek batang.

Hama ini membuat lubang pada batang semu. Sedangkan cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan insektisida yang memiliki bahan aktif berupa karbofuran.

itulah tadi cara mengatasi hama dan penyakit tanaman pisang. Tentu setelah mengetahui 5 jenis hama dan penyakit pada tanaman pisang anda dapat mengatasinya dengan efektif dan efisien. jika kamu punya pengetahuan lebih mengenai  tips-tips dan cara mengatasi hama dan penyakit tanaman pisang, ataupun pertanyaan tentang artikel  cara mengatasi hama dan penyakit tanaman pisang, silahkan berkomentar di bawah.

Pencarian Terkait:

  • cara basmi uret tanaman pisang
  • cara mengatasi penyakit pada tanaman pisang
  • cara pencegahan penyakit pisang
  • obat pembasmi hama pisang
  • obat tanaman pisang kena hama
  • Racun pembasmi jamur pada tanaman pisang disebut

Tags: , ,