Cara Mengguncang Dunia dengan Menulis

Judul: Bagaimana Cara Mengguncang Dunia dengan Menulis?

oleh: Siti Shofiah S

Dunia itu begitu luas. Dunia itu sangat luas. Kita tidak bisa mengelilingi dunia hanya dengan berjalan dan berenang. Kita bisa keliling dunia dengan suatu kendaraan.

Namun, membutuhkan waktu yg tidak singkat. Jika kita keliling dunia, tubuh beserta raga kita ikut berkeliling. Namun, bagaimana caranya jika hanya nama dan karya kita yang berkeliling dunia?

Cukup aneh kedengarannya. Masa nama bisa keliling dunia ­čÖé Tapi, sebenarnya itu bisa terjadi jika kita bersungguh-sungguh kita akan bisa melakukannya. Contohnya, Bill Gates. Tubuhnya tidak tentu berkeliling-keliling dunia, namun, namanya sudah mendunia kan?

Dia belum pernah mengelilingi Indonesia dari kampung sampai ke kota, belum pernah mengelilingi Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tapi, kita mengenalnya kan?

Itulah yang saya maksud. Nama juga bisa keliling dunia dengan karya. Khususnya menulis.  Seperti J.K. Rowling dengan novel seriesnya Harry Potter yang sudah mengguncang dunia. Sebenarnya, kita juga bisa kok terkenal ­čÖé Asalkan kita harus berusaha semaksimal mungkin.

Coba sebutkan orang yang tidak disiplin, suka bermalas-malasan, yang menjadi orang sukses? Satu saja. Saya yakin tidak akan pernah ada. Intinya cuma satu: “Tidak ada kesuksesan yang diraih dari bermalas-malasan”

Bagaimana Cara Mengguncang Dunia dengan Menulis?

Dengan menulis, kita bisa menjadi orang yang berguna. Dengan menulis, kita bisa membagikan ilmu yang bermanfaat. dengan menulis, nama kita bisa keliling dunia!

Kamu bisa mengguncang dunia dengan menulis. Menulis apa saja yang kamu ingin tulis. Tulislah dengan hati. Tulislah dengan penuh makna dan arti. Tumbuhkanlah rasa cinta menulis (baca: cara menumbuhkan rasa cinta menulis).

Mungkin kamu bisa menjalani beberapa hal dibawah ini:

  1. Jika kamu suka dengan fantasi, tulislah novel fantasi yang sangat seru. Tulislah novel yang bisa mengguncang dunia seperti Harry Potter. Tapi, jangan menulis secara paksa. Menulis secara paksa akan membuat tulisan yang kurang baik. Tulislah dengan ikhlas.
  2. Buatlah suatu penemuan hebat. Tulislah dalam sebuah buku. Tulislah dalam Bahasa Indoenesia. Otomatis, jika belum ada versi bahasa lainnya, orang yang ingin belajar dari buku kamu harus mempelajari Bahasa Indonesia. Dengan begitu, ada kemungkinan bahwa Bahasa Indonesia bisa menjadi Bahasa Dunia!!
  3. Jika kamu mempunyai blog, tulislah artikel-artikel yang menarik. Tulislah dari hasil pemikiran sendiri tanpa menjiplak karya orang lain.

Tidak perlu untuk menjadikan penulis adalah sebuah profesi. Sebenarnya boleh saja. Tetapi, kamu belum pernah dengar kalau seorang penulis terkenal biasanya menjadikan menulis sebagai pekerjaan sampingan?

Contohnya: Rick Riordan, penulis novel bestseller Percy Jackson. Dia sebenarnya bukanlah seorang penulis (profesi). Dia adalah seorang guru mitologi yunani!

Contoh lainnya. Andrea Hirata. Ia adalah sarjana ekonomi. Tapi, ia menghasilkan sebuah tulisan, bukan angka-angka. Dan, hasil tulisannya telah menjadi novel yang mengguncang dunia.

Baca juga: Pengertian dan Cara Menulis Resensi Buku yang benar Beserta Contohnya

Gimana artikel tentang Cara Mengguncang Dunia dengan Menulis? Udah tertarik untuk menulis? Jika kamu ingin belajar menulis dari awal, pelajari Langkah Pertama dulu ya. Dan, jika kamu ingin belajar menulis secepat kilat hehe… bisa belajar disini Tips Menulis Cepat dan Mudah.

Tidak ada yang dilahirkan sebagai penulis. Tapi, semua orang bisa menjadi penulis.

Tags: ,