Cara Menghilangkan Rasa Malas Menulis dengan Ampuh

Kali ini, Kami akan berbagi tips dan trik untuk menghilangkan masalah menulis. Misalnya, kamu tidak suka/ malas menulis karena menulis adalah kegiatan yang membosankan. Kamu bisa menghilangkan hambatan menulis itu. Jika kamu menulis tanpa hambatan, pastinya nyaman kan kalau sedang menulis?

Cara Menghilangkan Hambatan Malas Menulis dengan Metode EFT (Emotional Freedom Techniques)

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menggunakan metode EFT. EFT adalah singkatan dari Emotional Freedom Techniques. Kamu mau kan menulis tanpa hambatan?
EFT diciptakan oleh Gary Craig. Dengan EFT, kita bisa menghilangkan program yang tidak mendukung kesusksesan kita, kita bisa melepaskan penghambat menuju kesuksesan. Kita bisa menghilangkan masalah yang menghambat kita dalam menulis.
Bagaimana cara menggunakan metode EFT dalam menulis? Yuk disimak.

Tentukan hambatan saat menulis

Langkah pertama adalah menentukan hambatan diri yang tidak mendukung terkait menulis.

Misalnya, membosankan, membuat nantuk, dan lain-lain. Ayo tulis sekarang!
Tulis sebanyak-banyaknya. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah menuliskan skala 0 sampai 10 pada hambatan menulis itu. Skalanya ditentukan berdasarkan perasaanmu, Semakin besar angkanya, berati semakin kuat perasaan itu mengganggu.
Misalnya, (10) untuk “menulis kegiatan membosankan”. Itu artinya kamu sangat-sangat bosan setiap kali menulis. Skala (3) untuk “pikiran melayang-layang”. Artinya, kadang-kadang pikiranmu melayang tidak fokus. Jadi, penentuan skalanya sesuai tingkat perasaanmu. Semakin tinggi skalanya berati perasaan itu semakin kuat. Ayo tulis!
Setelah menentukan skala, jawablah pertanyaan dibawah ini.
1. Sudah berapa lama kamu memiliki perasaan atau keyakinan negatif tentang menulis ini?
2. Apa saja kerugian yang kamu alami selama ini?
3. Apa saja kerugian yang akan kamu alami? (Tolong jangan sama denganpertanyaan nomor 2. Ingat! Ini saya menanyakan yang akan terjadi, bukan yang telah terjadi)
Sebelum kamu lanjut, jawablah pertanyaan saya. Enak gak punya perasaan seperti ini? Kalau ada cara yang bisa mengusir hambatan dalam menulis ini, kamu mau? Benar ya? Sungguh? Gak nyesel?
Kalau begitu putuskan untuk melepaskan semua hambatan negatif ini dengan sungguh-sungguh hingga tuntas sekarang dengan kembali menjawab pertanyaan berikut:
4. Apa saja hal positif yang akan kamu alami jika berhasil meleaskan emosi negatif itu? (Minimal lima, tidak boleh kurang)
Nah, sekarang kamu sudah siap melepaskan semua hambatan dalam menulis itu. Selanjutnya, ikuti langkah Set Up, Sequence, Gammut 9, Sequence, dan Gammut Grounding.

Langkah 1: Set Up

Temukan Sore Spot. Posisinya ada di dada kiri dan dada kanan, pilih salah satunya saja, tidak usah keduanya. Biar gampang, ambil titik tengah tulang selangkamu (kanan atau kiri), lalu tarik lurus vertical ke arah dada. Saat menarik garis itu, berikan sedikit tekanan sepanjang garis itu  dan temukan titik yang memberikan sensasi nyeri atau sakit. Urutlah bagian ini dengan gerakan berputar dan ucapkan afirmasi dibawah ini sebanyak 3 kali.
“Walaupun saya merasa _________ (bacakan semua masalah satu persatu) dan segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah malas menulis, saya menerima dan menghargai diri saya seutuhnya dan memutuskan untuk melepaskan semua perasaan dan keyakinan negatif ini sekarang dan sekaligus demi kemajuan dan kebaikan kehidupan saya”
Jika sudah melakukan hal itu, tarik nafas yang dalam hembuskan dan baca kembali skala hambatan yang sudah kamu buat. Perbarui sklanya. Apakah sudah menurun? Jika sudah, tuliskan skala terbarunya sesuai dengan cara yang saya jelaskan sebelumnya. Jika belum, tidak masalah, masih ada beberapa langkah lagi yang bisa menghilangkan hambatan menulis kamu.

Langkah 2: Sequence

Selanjutnya, ketuk 12 titik berikut ini secara berurutan sebanyak 7 hingga 9 kali ketukan per titik (kiri atau kanan sama saja):

  1. Pangkal alis mata.
  2. Tulang pelipis (samping mata)
  3. Tulang bawah mata.
  4. Bagian bawah hidung.
  5. Dagu
  6. Sekitar 2 cm dari titik tulang selangka
  7. Bawah ketiak sekitar 10 cm
  8. Ibu jari (samping kuku bagian luar)
  9. Jari telunjuk
  10. Jari tengah
  11. Jari kelingking
  12. Karate Chop (sisi luar telapak tangan)

Baca juga: 7 Tips Belajar Menulis Buku, Novel, atau Skripsi

Langkah 3: Gammut 9

Lalu, temukan titik Gammut. Satukan semua jari (rapatkan). Persatuan jari kelingking dan manis akan membuat sebuah garis. Pada garis itu, tarik secara lurus hingga mendekati lengan. Letak titik gammut ada di bagian punggung tanga tepat pada garis yang kamu buat. Biar gampang dan pasti mengenai titik itu, ketuk dengan 4 jari sekaligus. Sambil mengetuk titik itu, kamu lakukan 9 gerakan ini:

  1. Pejamkan mata dengan keras.
  2. Buka mata lebar-lebar (melotot)
  3. Lirik mata ke kanan bawah
  4. Lirik mata ke kiri bawah.
  5. Putar mata searah jarus jam.
  6. Putar mata berlawanan arah jarum jam.
  7. Gumamkan lagu “Happy Birthday” selama 3 detik.
  8. Hitung 1,2,3,4,5 dengan cepat
  9. Gumamkan lagu “Happy Birthday” selama 3 detik.

Langkah 4: Sequence (lagi)

Setelah kamu melakukan langkah Gammut 9, kembalilah ke Langkah Sequence. Ketuk 12 titik sequence. Jika sudah selesai, tarik nafas dalam-dalam dan embuskan. Sekarang, cek kembali setiap hambatan dan skalanya, apakah sudah nol (0)? Jika sudah, proses EFT telah selesai.

Jika belum, periksa skala hambatan yang kamu buat. Kalau skalanya masih di atas 4, ulangi semua proses EFT dari langkah Set Up. Artinya kamu masuk ke ronde 2. Jika sudah dibawah 4 (3,2, dan 1), lakukan langkah kelima.

Langkah 5: Gammut Grounding

Ketuk titik gammut sambil berhitung 1 hingga 6 dengan cepat. Arahkan pandangan mata kamu sesuai dengan hitungan. Dalam hal ini, posisi mata melirik, kepala tetap tegak lurus.

Hitungan: Satu (1), pandangan mata menajam ke lantai (paling bawah), dua, tiga, empat, lima, pandangan mata terusk naik hingga enam (6), mata melihat tajam ke langit (paling tinggi). Lakukan Gammut Grounding hingga kamu merasa lega. Cek kembali skalanya.

Jika kamu sudah melakukan beberapa putaran, tetapi belum nol (0) juga. Kamu perlu cek kembali hambatan yang kamu tulis. Dalam EFT, penetapan akar masalah harus spesifik. Jika saya “malas membaca” tetapi saya EFT dengan permasalahan “tidak suka membaca”, sampai ratusan kali pun langkah itu dilakukan, skla hambatan tidak akan turus hingga nol (0).

Baca juga: 3 Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Menulis dengan Mudah

Silakan dicoba Cara Menghilangkan Rasa Malas Menulis dengan Ampuh! Ingat ya, gak ada orang yang sukses dengan hanya bermalas-malasan. Jika kamu ingin menjadi penulis yang sukses, maka berlatihlah dengan menulis.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Tags: , ,