8 Dampak Positif dan Manfaat Internet yang Sangat Membantu

Dampak Positif dan Manfaat Internet– Tidak dapat dipungkiri lagi, sekarang internet telah menjadi sebuah layanan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Internet memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. walaupun memang internet memiliki dampak negatif, tetapi  manfaat internet juga  memiliki peran yang besar dalam kehidupan, dampak positifnya tidak dapat disepelekan.

Nah berikut beberapa dampak positif dan manfaat internet yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari

  1. Mempercepat Informasi

Tingginya tuntutan akan persaingan membuat kita harus bisa mendapatkan informasi secara update. Karena kebutuhan itu maka internet menjadi solusi yang tepat.

Informasi yang dulu hanya diterima dari siaran radio, siaran tv, atau surat kabar, sekarang bertambah dengan adanya internet. Bahkan informasi yang diterima dari internet jauh lebih cepat.

Biasanya media-media informasi internet mengabarkan sebuah berita/ peristiwa tidak lama setelah kejadian tersebut terjadi, sedangkan siaran tv, radio, dan surat kabar memiliki jadwal pemberitaan sehingga informasi yang diterima tidak secepat internet.

  1. Mempermudah Pengiriman Data

Dulu sebelum munculnya internet, pengiriman atau perpindahan data cukup ribet karena harus melalui sebuah media penyimpanan fisik berupa disket, itupun media simpannya harus dipindahtangankan terlebih dahulu.

Sekarang dengan adanya internet pengiriman data jauh lebih mudah. Tidak perlu ada media fisik, cukup dengan terhubung ke internet kita sudah bisa menerima data dengan mudah baik melalui email, torrent, ataupun file host

  1. Menambah Wawasan dan Mempermudah Belajar

Internet yang dapat memberikan informasi secara cepat tentu bila kita gunakan dengan baik akan berdampak positif ke kita.

Dengan selalu membaca artikel yang bermanfaat di dunia internet tentu akan menambah wawasan yang kita miliki.

Pertanyaan yang dulu sulit untuk didapatkan jawabannya karena harus mendapatkan buku fisiknya, sekarang dengan adanya internet jauh lebih mudah.

Tinggal mengetikkan kata kunci di mesin pencari (google.com, yahoo.com, atau bing.com) hampir semua informasi yang kita butuhkan akan muncul.

Pada saat ini Internet juga telah dimanfaatkan oleh beberapa instansi pendidikan (sekolah/ kampus) untuk aktivitas belajar online.

  1. Manfaat Internet dalam Memudahkan Bisnis

Kebanyakan masyarakat saat ini telah memanfaat internet sebagai sarana berbisnis.

Mengapa?

Karena internet betu-betul memudahkan kita dalam berbisnis dan bila tidak dapat memanfaatkan internet denga baik maka sulit untuk bersaing.

Internet dalam bisnis biasanya digunakan untuk perkenalan produk, media promosi, pengiriman surat, sampai transaksi jual beli.

baca: 11 dampak negatif internet dan bahayanya yang harus diwaspadai

  1. Sebagai Media Transaksi

Seiring berkembangnya teknologi manusia terus mencari cara termudah dalam melakukan aktivitas termasuk untuk bertransaksi. Transaski online biasanya berupa Internet Banking dan E-Currency.

Transaksi dengan menggunakan ATM yang agak ribet membuat sebagian masyarakat memilih Internet Banking sebagai media pembayaran.

Walaupun telah ada SMS banking, internet banking tetap menjadi pilihan karena biayanya yang belih murah.

Sedangkan transaksi e-currency ini mirip dengan internet banking tetapi berbeda dari segi bentuk lembaganya. Penyedia E-currency biasanya berbentuk lembaga non-bank sehingga tidak ada sistem bunga, deposito, ataupun investasi lainnya.

  1. Mempermudah Belanja Kebutuhan.

Saat ini dengan adanya internet, kita betul-betul dimanjakan. Bayangkan saja, tanpa perlu keluar rumah atau ke  pusat perbelanjaan untuk membeli barang, kita bisa berbelanja dengan mudah melalui toko-toko online.

Barang-barang kebutuhan yang ingin anda beli bisa melalui internet, baik pakaian, laptop, handphone, TV, makanan, buku, bahan kebutuhan sehari-hari, sampai layanan transportasi ojek online juga ada.

Sudah banyak toko online yang beredar di internet, tinggal selektif memilih agar tidak tertipu saat berbelanja.

  1. Sarana Berkomunikasi yang Mudah dan Murah

Sekarang ini untuk berkomunikasi sudah sangat mudah.

Bila dulu hanya menggunakan telepon tumah yang pake kabel, lalu kemudian muncul telepon genggam tetapi sangat menguras kantong untuk membeli pulsa, sekarang dengan internet semua sangat mudah dan murah.

Kita dengan mudah berkomunikasi melalui chating di media sosial seperti Facebook, Twitter, Line, Whatsapp, BBM, dan lain-lain.

Selain itu dengan koneksi internet sekarang kita juga bisa menelpon dengan mudah menggunakan aplikasi tertentu seperti BBM, Line, atau Wechat.

  1. Dampak positif intenet sebagai Sarana Hiburan

Aktivitas manusia yang sibuk dengan pekerjaan bisa mengakibatkan stress ataupun gila. Maka dari itu hiburan sangat dibutuhkan.

Jika biasanya hiburan didapatkan dari menonton TV, mendengarkan Musik di Radio,bermain Game melaui Konsol atau menonton film di Bioskop, sekarang semua itu bisa didapatkan di Internet.

Dengan mendowload film atau musik sekarang sangat mudah, tinggal download saja semua sudah dapat dinikmati (ingat, jangan yang bajakan).

Selain itu jika kamu tidak memiliki TV, sekarang menonton TV dengan Online juga bisa asalkan memiliki koneksi intenet yang cepat, acara-acara TV local maupun internasional bisa kamu nikmati.

Ada juga permainan Game yang dilakukan secara online yang tentunya lebih seru daripada Game offline biasa.

Baca Juga: 8 Bisnis Online dengan Modal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan

Penekanan manfaat internet kebanyakan di efisiensi. Dengan menggunakan internet diharapkan kegiatan manusia bisa lebih produktif tetapi tetap efisien.

Sebenarnya masih banyak manfaat internet yang lebih spesifik dapat dijelaskan.

Tetapi secara umum sudah mencakup hal diatas. Jika kamu punya tambahan silahkan berkomentar dibawah, dan jangan lupa gunakan bahasa yang sopan demi kebaikan bersama.

Pencarian Terkait:

  • apakah internet sangat dibutuhkan dalam kehiduapan kita sehati hari