Jangan Menggendong dan Cium si Kecil Setelah Merokok. Ini Bahayanya

Tak sedikit orang tua yang merokok, baik saat sedang bekerja maupun sedang santai di rumah. Terutama orang tua yang sudah menjadi pecandu rokok sejak lama, kebiasaan merokoknya akan sulit hilang meskipun Ia sudah memiliki anak sekalipun.

Nah, yang jadi masalah, pada umumnya para orang tua ini sesudah pulang bekerja biasanya masih tercium bau rokok yang menyengat dari nafas dan badannya. Sedangkan pada saat tiba di rumah ia mau segera mencium sang buah hati yang masih imut dan lucu-lucunya.

Akhirnya, udara dari napas yang dikeluarkan masih terdapat kandungan zat dari asap rokok yang baru dihisapnya.

Baca juga: Ternyata Merokok Bikin Bekas Jerawat Tambah Parah dan Bopeng

“Hal itu akhirnya membuat banyak diperoleh kasus anak sering batuk-batuk saat berdekatan dengan orang tuanya yang perokok. Bila ingin menggendong si kecil, pastikanlah mulut dan pakaian Anda tidak bau rokok ya,” ujar dr. Martinus M. Leman, DTMH, SpA, dari RS Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan

Tidak jarang orang tua perokok membela diri, “Saya kan merokoknya di luar dan bukan di depan anak.”

Masalahnya, walaupun tak ada asap yang tampak, bila masih tercium bau rokok dari napas atau dari pakaian, hal itu sudah cukup untuk membuat bayi/anak mengalami reaksi terhadap bau itu.

Hal itu disebabkan penciuman anak-anak masih hipersensitif terhadap bau. Sehingga, walaupun tidak terkena asap rokok langsung zatnya juga bisa mengganggu pernafasan anak.

Nah kami anjurkan untuk menghindari bahaya rokok bagi bayi anda, Anda sebagai orang tua, disarankan jangan menggendong dan cium anak anda setelah merokok. Jangan sampai si kecil terkena gangguan paru-paru di usia dini. Tent sangat berbahaya

Pastikanlah anda sudah mencuci tangan, mulut dan mengganti pakaian sebelum menggendongnya.

Baca juga: Wow, Ternyata Berhenti Merokok Memperpanjang Umur. Ini buktinya

Cucilah tangan anda menggunakan sabun sebelum menggendongnya. Mencuci mulut bisa dengan berkumur-kumur beberapa kaling dengan air, atau lebih baik lagi jika dengan sikat gigi dan larutan pencuci mulut

Baju yang anda gunakan merokok bisa diganti dengan baju yang bersih baru habis dicuci. Walaupun agak repot tapi hal ini demi melindungi Bayi anda dari gangguan pernapasan.

Yuk dipraktekkan.

Pencarian Terkait:

  • bahaya bau rokok pada bayi
  • merokok gendong bayi
  • perokok boleh mencium bayi

Tags: ,