Meningkatkan Penjualan dengan Pemasaran Kreatif

Pemasaran kreatif – Mungkin banyak diantara kita yang sekarang ini tengah berusaha memulai bisnis sendiri atau malah mungkin sudah ada yang sedang berjalan usahanya, tetapi tidak memiliki ide untuk memulai atau bingung meningkatkan penjualan usahanya yang sedang berjalan itu.

Sesekali kita bingung waktu ingin merintis bisnis, memikirkan produk atau jasa apa yang sesuai untuk dijual

Hal tersebut maklum saja saya pikir, terlebih lagi bila kita belum memiliki pengalaman berbisnis. )

Tetapi tahukah kamu bahwa sebetulnya banyak wirausahawanwirausahawan yang sukses di bidang yang ditekuninya justru menjual produk atau jasa yang sebagian besar telah umum kita temukan?

Contohnya menjual kaos kaki, menjual kotak bekas, atau malah menjual keripik singkong.

Mereka tidak menjual produk yang aneh-aneh, atau membuat produk baru yang canggih, atau yang sejenis.

Tidak. Mereka cuma menjual produk yang biasa kita temukan setiap hari.

Nah… kenapa mereka dapat berhasil dan menghasilkan penjualan yang luar biasa ‘cuma’ dengan menjual produk yang telah umum

Jawabannya yaitu pada konsep pemasaran kreatif dan sedikit tidak lumrah digunakan orang-orang.

Sebab sebetulnya, apapun produk atau jasa yang kamu jual tawarkan, pada akhirnya konsep memasarkannyalah yang akan membedakan kamu dari kompetitor kamu.

Bahkan konsep – konsep yang terbilang agak ‘nyeleneh’ itu dapat membuat produk yang sederhana sekalipun meningkat penjualan penjualannya sampai 200%!

Mungkin kamu akan bertanya, kok bisa seperti itu?

Begini penjelasannya.

Sebagian besar orang pada umumnya cenderung tertarik terhadap hal yang baru dan unik.

Jadi, saat contohnya ada sebuah produk yang boleh jadi telah kelewat umum dan banyak didapati dimana-mana, dijual dengan metode yang agak aneh akan memancing orang untuk penasaran dan akhirnya mencoba produk itu.

Sebab keunikan dari cara memasarkannya itulah yang membuat produk itu jadi bahan perbincangan banyak orang sehingga efeknya jadi semacam bola salju, kian lama kian besar, dan pada akhirnya membuat penjualan yang luar biasa.

Produk sederhana dengan konsep pemasaran yang tidak lumrah dan eksekusi yang mantap dapat menghasilkan penjualan yang luar biasa!

Kamu barangkali pernah mendengar mengenai keripik pedas Maicih? Sebetulnya produk yang diajukan cuma berupa olahan keripik singkong yang bercita rasa pedas.

Dari sisi produk, kalaupun ada yang unik itu berupa rasa pedasnya yang memang agak ‘kelewatan’.

Namun konsep pemasaran mobile alias berpindah – pindah tempat jualan itulah yang membuatnya jadi terkenal seantero Bandung sehingga membikin orang rela mengantri hingga 1 km panjangnya demi mendapatkan keripik Maicih!

Dengan memanfaatkan sosial media seperti Twitter dan Facebook, Maicih sukses mengusung konsep mobile marketingnya itu.

Konsep yang aneh kan? Namun terbukti berhasil dilakukan.

Contoh lainnya. Yang namanya berlangganan majalah, koran, atau malah berlangganan katering makanan sekalipun mungkin telah dianggap lazim oleh sebagian besar orang.

Tetapi, kamu pasti tidak pernah berlangganan yang namanya kaos kaki kan?

Kaos kaki yang merupakan produk yang selalu didapati dalam keseharian kita ternyata dengan konsep yang berbeda dapat menghasilkan penjualan lebih dari $satu juta bagi pemiliknya!

Kenapa? Sebab barang itu djual dengan pola berlangganan pantasnya kita berlangganan majalah.

Konsep yang tidak lumrah tetapi lagi – lagi berhasil diterapkan.

Oleh sebab itu kesimpulannya ialah, apapun produk atau jasa yang akan kamu jual, buatlah konsep pemasaran kreatif, dengan seunik dan seefektif mungkin.

Bukan masalah produk atau jasa yang akan kamu jual telah banyak di pasaran.

Asal kamu mampu memakai kreativitas kamu untuk mengemasnya, pasti akan dapat menghasilkan penjualan yang membuat tercengang.

Ingat slogan Apple dari alm. Steve Jobs Think Different. Be different? Why not!!