Merokok Dekat Anak Berarti Anda Mengajarinya Merokok Juga. Ini Buktinya

Ada yang bilang bahwa lingkungan itu memberikan pengaruh besar terhadap pola pikir dan kehidupanmu. Walaupun hal itu tidak selamanya terjadi, namun dalam kasus ini lingkungan sangat berpengaruh.

Baru-baru ini, sebuah survei menunjukkan data mencengangkan, kebanyakan remaja perokok mempunyai orangtua yang juga perokok.

Hal tersebut menunjukan faktor lingkungan keluarga dan juga lingkungan masyarakat merupakan faktor pendorong remaja tumbuh jadi seorang perokok. Peran lingkungan turut membantu menjadikan seseorang menjadi perokok.

Baca juga: Hasil Riset: Ihhh Serem, 15 Batang Rokok Dihisap Terjadi Satu Mutasi DNA!!

“Orangtua jadi panutan dalam memberikan contoh bagi anak-anaknya, data dari GYTS 2009, menunjukan 72,4% remaja umur 13-15 tahun memiliki orang tua merokok,” kata dr Tjandra Yoga Aditama Sp P Mars, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Senin (11/nov/2013).

Menurut Yoga, orangtua dan guru harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anak agar tidak merokok. Jangan malah mengajarinya sesuatu yang tidak baik. Merokok dekat anak merupakan suatu contoh yang buruk.

Kampanye anti-rokok

Sementara itu pemerintah terus mengkampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).  Dan yang menjadi salah satu indikatornya ialah perilaku tidak merokok.

Pemerintah  secara terus menerus mempromosikan mengenai bahaya dan akibat buruk merokok untuk kesehatan, serta membuat Peraturan yang bisa melindungi generasi bangsa dari dampak buruk akibat merokok.

“Saat seseorang sudah kecanduan rokok, nikotin yang terdapat dalam tembakau merangsang otak untuk melepas zat yang memberi rasa nyaman (Dopamine), sehingga mengakibatkan rasa ketergantungan. Untuk mempertahankan rasa nyaman, timbul dorongan untuk merokok kembali, inilah dia awal dari proses kecanduan,” ujarnya.

Baca juga: Pemuda Ini Berhenti Merokok dan Pacaran untuk Umroh, Setahun Terkumpul Rp 8,7 Juta

Maka dari itu, Anda sebagai orang tua atau guru harusnya jangan memberikan contoh buruk bagi anak-anak.

Jika anda seorang perokok berat yang sulit berhenti merokok, setidaknya janganlah merokok dekat anak-anak atau murid anda. Bagi anak-anak, apa yang anda perlihatkan padanya itu adalah sebuah pelajaran.

Anda sebagai perokok pun pasti tahu bahwa merokok itu tidak baik. Cukup Anda saja yang merasakan rokok, anak Anda jangan.

Bagi yang tidak merokok, pertahankan terus dan jangan sampai tergoda. Salam Indonesia sehat.

Tags: , ,