Pentingnya Menetapkan Satu Pilihan Saat Menulis

Tulisan ini dibuat oleh Siti Shofiah S dengan judul Tetapkan satu pilihan menulis!

Halo semua! Kali ini, kami akan menjelaskan satu hal yang bisa dibilang penting. Temanya tetap tentang menulis. Judulnya adalah Pentingnya menetapkan Satu Pilihan Menulis!

Lah, kok cuma satu pilihan menulis? Kan kalau banyak pilihan tambah bagus? Gak selalu begitu. Coba baca dulu yang dibwah ini sebelum ke isi artikel tentang menulis ini.

Ada penelitian. Penelitian itu dilaksanakan di sekolah. Yang dipakai adalah kelas A dan kelas B. Kelas A diberi satu hadiah. Sedangkan, kelas B mendapatkan 4 hadiah. Namun, satu minggu kemudian, kelas B harus mengembalikan 3 hadiah. Jadi, kelas B harus memilih satu dari 4 hadiah yang disediakan.

Baca juga: 7 Tips Belajar Menulis Buku, Novel, atau Skripsi

Setelah hal diatas dilakukan. Dilakukan perbincangan seperti dibawah ini.

Penanya : Kamu suka gak hadiahnya?

Kelas A : Suka banget!

Penanya : Kamu suka gak hadiahnya?

Kelas B : Hmm… kayaknya aku salah milih deh. Kayaknya barang yang itu lebih bagus buat aku.

Nah, gimana? Udah ngerti belum maksudnya? Kalau gitu, kita tarik kesimpulannya.

Kesimpulannya, jika kita banyak pilihan dan akan mengambil satu dari pilihan-pilihan, maka kemungkinan besar kita tidak terlalu menyukai apa yang telah kita ambil. Tapi, jika kita hanya diberi satu pilihan, kita mau tidak mau mengambilnya, dan kemungkinan akan suka dengan yang kita ambil.

Sama seperti menulis, kalau kamu terlalu banyak pilihan dalam menulis, kamu akan kebingungan memilih yang mana, dan akan menyesal pada akhirnya. Coba aja!

Oleh karena itu, saya sarankan menulis yang hanya satu pilihan. Contohnya hanya akan menulis novel fantasi. Itu saja dulu. Jangan dulu mau jadi penulis artikel, penulis penelitian, penulis cerita, penulis puisi, dan lain-lain. Hal ini sangat menyusahkan bagi penulis pemula.

Jadi sekarang apa? Ya harusnya jangan terlalu mikir banyak dulu. Jangan banyak keinginan ini itu dulu. Cukup satu pilihan yang dari dulu kamu inginkan.

Jika kamu terlanjur memiliki banyak pilihan dalam menulis,coba tinggalkan salah satunya dulu. Mungkin, kamu tidak bisa meninggalkannya karena sudah membekas menjadi keinginan kamu yang sangat diinginkan, tapi janga dulu dipikirkan. Jangan dulu dirasakan. Jika diingat terus, nanti tidak akan hilang rasanya ­čÖé

Memang rasanya berat, tapi itulah yang dinamankan perjuangan dalam menulis. Jika kamu ingin menjadi penulis yang sukses, maka berjuanglah. Jika kamu ingin menjadi penulis yang terkenal, makan berjuanglah. Tidak ada kesuksesan yang diraih dalam bermalas-malasan. Tidak ada kesuksesan yang diraih tanpa perjuangan.

Jika kamu kesusahan menetapkan satu pilihan, coba langkah-langkah berikut.

1. Pikirkan kamu akan menulis apa? (boleh banyak)

2.Pikirkan pilihan menulis paling penting/berguna/diinginkan? Mengapa kamu memilihnya?(harus satu)

3.Pikirkan hal-hal positif tentang pilihan menulis yang paling diinginkan?

4.Pikirkan hal-hal negatid tentang pilihan yang lainnya? (selain yang satu)

Menggunakan cara diatas jika dilakukan secara tepat, akan mengurangi keberatan dalam memilih. Tapi, hal diatas juga akan berdampak buruk bagi pilihan-pilihan yang lain.

Baca juga: Cara Mengguncang Dunia dengan Menulis

Misalkan kamu ingin menjadi penulis blog, penulis novel, dan penulis buku pengetahuan. Kamu memilih menjadi penulis blog karena biaya yang terjangkau, mudah, dan cocok dengan kamu yang ingin selalu mengungkapkan ilmu, pelajaran hidup, dll dalam dunia internet. Kamu memikirkan hal positif tentang menjadi penulis blog. Kamu juga memikirkan hal negatif menjadi penulis novel dan penulis buku pengetahuan.

Saat kamu telah menjadi penulis blog terkenal dan ingin menjadi penulis novel. Kamu akan susah melakukannya, karena telah memikirkan hal-hal buruk menjadi penulis novel. Dan berlaku juga bagi yang tadi kamu pilih.

Intinya, hal ini bisa memuat kamu benci pada hal yang lain. Tapi, setidaknya ini cocok untuk pemula yang terlalu banyak pilihan.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.