Kampungan, Banyak Pengguna Android Hanya untuk Menelpon dan Chating saja

Tidak dapat dipungkiri lagi memang pemakai gadget dengan sistem operasi Android jauh lebih banyak ketimbang gadget iOS besutan Apple. Tetapi dalam hal aktivitas di dunia maya, pemakai iOS ternyata lebih “ramai” atau aktif dibanding pengguna Android.

Hal tersebut terbukti dari penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh NetApplications. Firma analitik itu sudah memantau lalu-lintas data di lebih dari 40.000 situs web di semua dunia, dan mencari tahu platform apa yang dipakai untuk online.

Baca juga: 11 Dampak Negatif Internet dan Bahayanya yang Harus Diwaspadai

Berdasarkan pantauan mereka, pemakai platform Android yang menjelajah dunia maya mempunyai porsi 44,62 persen, sementara pemakai yang asalnya dari platform iOS sebanyak 44,19 persen.

Bila melihat persentase pasar pengguna Android berbanding dengan iOS sekarang ini, Platform robot hijau mempunyai pangsa pasar 85%, sementara iOS cuma 11,9%, maka dapat disimpulkan pemakai iOS ternyata tujuh kali lipat lebih aktif dibanding Android.

Alasan pengguna android jarang beraktivitas online

Menurut NetApplications, rendahnya pemakai Android yang memakai smartphone-nya untuk kegiatan online sebab banyaknya perangkat Android yang dijual murah. Banyak pemakai yang memanfaatkan smartphone Android-nya cuma untuk melakukan panggilan telepon saja, seperti dilakukan pemakai di negara-negara berkembang.

Dari hal tersebut bisa disimpulkan, para pengguna android di negara-negara berkembang cenderung memiliki taraf hidup menengah ke bawah, sehingga aktivitas online merupakan kegiatan yang dirasa tidak terlalu penting.

Pengguna android di Negara berkembang lebih cenderung memilih menghabiskan pulsa mereka untuk menelpon dan chating menggunakan applikasi chat daripada berselancar di dunia maya.

Fakta itulah yang menurut NetApplications juga mengakibatkan para pengembang lebih suka membuat aplikasi untuk platform iOS daripada Android. Disamping itu, penelitian dari NetApplications itu juga mengungkap bahwa jumlah pemakai Android untuk pertama kalinya sudah mengungguli iPhone (bila diukur berdasar jaringan pemakai layanan NetAppliations).

Baca juga:  8 Dampak Positif dan Manfaat Internet yang Sangat Membantu

Menurut Forbes, setiap survei yang dilakukan pastinya mempunyai margin of error. Tetapi bila melihat tren selama ini, pemakai iOS memang secara konsisten lebih aktif secara online ketimbang pengguna Android.

Bagaimana? apakah Anda termasuk yang senang berselancar di dunia maya?