Ternyata Merokok Bikin Bekas Jerawat Tambah Parah dan Bopeng

Bagi Anda yang ingin memiliki wajah yang awet muda, cerah, dan mulus tanpa bopeng, kami sarankan jangan sama sekali merokok atau berhenti merokok sekarang juga.

Hal ini terbukti, karena merokok dapat mengganggu kesehatan kulit. Selain membuat kulit lebih cepat berkeriput, merokok juga dapat memperburuk jaringan parut bekas jerawat pada wajah (bopeng).

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang mengamati dengan seksama 992 orang berjerawat parah. Mereka ditangani dalam bidang dermatologi suatu rumah sakit selama 8 tahun. Peneliti memperhatikan 91 persen pasien yang mempunyai jaringan parut di wajah (bopeng).

Baca juga: Wow, Ternyata Berhenti Merokok Memperpanjang Umur. Ini buktinya

Riset menunjukkan, sebanyak 53,7% perokok mempunyai jaringan parut/bopeng yang lebih parah dibandingkan dengan yang tidak merokok. Walau beberapa perokok tidak mempunyai bekas jerawat, kerusakan kulit mereka juga kelihatan lebih buruk. Riset ini dipresentasikan dalam acara konferensi tahunan British Association of Dermatologists di Manchester, Inggris.

Awalnya jerawat meninggalkan bekas di wajah, lalu dapat membuat kulit berlubang (bopeng) sampai permukaan kulit tidak merata. Terbentuknya jaringan parut juga dapat terjadi sebab kebiasaan memencet-mencet jerawat.

Dokter Raman Bhutani, anggota tim peneliti dari Harrogate District Foundation Trust mengungkapkan, riset ini menunjukkan bahwa merokok dapat memperburuk jaringan parut wajah (bopeng) ke orang yang rawan berjerawat. Tetapi, perlu riset lebih jauh untuk menjelaskan bagaimana cara kerja rokok memperburuk jaringan parut tersebut.

Nina Goad dari British Association of Dermatologists mengatakan, jerawat merupakan masalah yang dialami kebanyakan orang di dunia. 80% di antaranya yang bermasalah dengan jerawat ialah remaja. Dia berharap riset ini dapat mendorong para remaja untuk menjauhi rokok.

“Kita telah tahu bila merokok buruk untuk kesehatan kita. Mungkin temuan paling baru ini dapat menambah motivasi orang-orang untuk berhenti merokok,” kata Nina.

Jerawat dapat terjadi saat produksi minyak di wajah berlebihan dan juga ada rangsangan hormon tertentu. Produksi minyak yang banyak dapat membuat bakteri penyebab jerawat berkembang, merang, dan pada akhirnya muncul bintik-bintik di wajah.

baca juga: Merokok Dekat Anak Berarti Anda Mengajarinya Merokok Juga. Ini Buktinya

Bagi anda yang merokok, segeralah berhenti sekarang juga agar bopeng di wajah anda tidak bertambah parah. Kalo ingin wajah anda penuh bopeng, terlihat tua, kusam, dan keriput, silahkan merokok sepuasnya. hehe

Pencarian Terkait:

  • wajah jerawatan akibat merokok

Tags: ,