Tips dan Cara Budidaya Pisang yang Baik

Tips dan Cara Budidaya Pisang – Buah pisang merupakan buah asli dari Indonesia. Buah ini jumlahnya sangat banyak dan sangat mudah di jumpai dimana-mana, baik di pasar maupun di supermarket.

Di Indonesia sendiri, buah Pisang di olah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari pisang goreng, pisang molen, kolak pisang, pisang ijo, dan masih banyak olahan pisang lainnya.

Jenis pisang pun ada bermacam-macam, ada pisang raja, pisang susu, pisang ambon, dan lain sebagainya.

Produksi pisang di Indonesia cukup melimpah, karena di dukung oleh iklim yang tropis. Sehingga buah pisang tumbuh subur di Indonesia.

Masyarakat kita sangat gemar mengkomsusi pisang, selain karena rasanya yang enak, harga pisang di pasaran juga cukup terjangkau. Selain itu ternyata banyak manfaat dari pisang yang jarang diketahui.

Harga pisang di pasaran sekitar Rp 5000-20.000, tentu harganya tergantung jenis pisang, stok, dan permintaan.

Buah pisang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Lalu pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk berbudidaya tanaman pisang di kebun Anda sendiri?

Mengapa tidak? Ini bisa dijadikan hobi yang cukup menyenangkan.

Apalagi cara menanam pisang cukup mudah. Kali ini kami akan sajikan tips dan cara budidaya pisang yang baik. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam menanam pisang adalah sebagai berikut

Baca Juga: Cara Menanam Tomat Di Halaman Rumah

Pembibitan Tanaman Pisang

Pembibitan pisang sendiri bisa dilakukan dengan cara:

  • Pembibitan dengan dengan vegetatif atau dengan tunas. Tentu ini cukup mudah dilakukan oleh siapapun.
  • Ketika melakukan pembibitan, sebaiknya pilih bibit yang sudah memiliki panjang antara 1 hingga 1.5 meter dan dalam keadaan sehat

Sanitasi Bibit Pisang

  • Pertama, bersihkan tanah yang ada pada akar bibit
  • Simpan bibit di tempat yang sejuk, setidaknya satu sampai dua hari
  • Buang daun-daun yang lebar

Pengolahan Pada Media Tanam Pisang

  • Bersihkan gulma, semak-semak, dan rumput yang mengganggu. Jangan sampai tersisa karena akan mengganggu pertumbuhan pisang.
  • Gemburkan tanah dengan cara dipacul. Pastikan semua lahan telah gembur
  • Buat sengkedan dan saluran air agar tanaman pisang tidak kekeringan

Teknik Menanam Bibit Pisang

  • Pertama, buat lubang pada tanah dengan ukuran kuranglebih 30 x 30 x 30 sentimeter jika tanahnya gembur dan 50 x 50 x 50 sentimeter jika tanahnya berat
  • Untuk jarak tanam pisang yang tepat adalah 3 x 3 meter. Bila lahanmu agak sempit bisa 2,5 x 2,5 meter. Usahakan jangan terlalu berdempet agar pertumbuhannya maksimal
  • Supaya tanaman tumbuh dengan baik, waktu penanaman sebaiknya dilakukan di bulan September hingga Oktober yang merupakan musim penghujan. Semakin banyak kandungan air yang masuk maka akan semakin baik bagi pertumbuhan tanaman.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemupukan satu kali dalam seminggu dengan menggunakan pupuk yang tepat.

Teknik Perawatan Tanaman Pisang

  • Pastikan tanah pisang selalu lembab dan tidak kering. Usahakan membuat pengairan agar tanah pisang selalu lembab. Jika anda tidak memiliki pengairan otomatis, anda bisa menyiramnya sekali sehari. Tapi itu akan cukup merepotkan
  • Berikan pupuk secara rutin agar tanaman pisang anda bisa tumbuh maksimal, sekali seminggu cukup
  • Pastikan disekitar tanaman pisang anda selalu bersih dari tanaman pengganggu dan gulma
  • Selalu cek hama dan penyakit yang bisa saja menyerang tanaman pisang anda, terutama jika usianya msih muda

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman Pisang

Tambahan Tips Menanam Pisang

Tanaman pisang ini dapat hidup dengan baik di lahan yang subur, misalnya di kebun belakang rumah. Tanaman pisang banyak ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia dan Brazil.

Jika lahan Anda sudah subur akan semakin mudah bagi Anda untuk mengembangbiakkannya. Pastikan tanah yang akan anda gunakan cukup nutrisi, Jika tidak, anda bisa melakukan rekayasa untuk membuatnya subur.

Sebaiknya Anda memperhatikan pemilihan bibit sebelum menanamnya karena bibit yang bagus akan mempermudah pekerjaan Anda untuk menumbuhkan tanaman tersebut.

Tanaman pisang ini biasanya juga tumbuh dengan sendirinya dari tunas-tunas yang tumbuh disekeliling tanaman induk.

Bahkan, jika tanaman sudah mulai besar Anda sudah tidak perlu melakukan pemupukan atau penyiraman lagi karena pohon pisang akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada saat dia sudah mulai besar, kecuali penyemprotan hama jika memang ada hama.

Baca Juga: Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Pot yang Benar

Itu saja tips dan cara budidaya pisang yang dapat saya berikan. Mungkin kamu ada saran atau tambahan lain mengenai tips dan cara budidaya pisang yang baik? Jika ada pertanyaan ataupun saran silahkan berkomentar di bawah.

Tags: ,