5 Tips Menulis Cepat dan Mudah Dilakukan

Terkadang, orang sangat susah sekali menulis. Ia bilang “tidak punya ide”. Padahal, ide itu akan mengalir terus menerus saat menulis. Hal ini telah dibahas pada artikel Belajar Menulis Buku. Disini, saya akan memberikan tips menulis cepat dan trik agar kamu bisa mendapatkan ide yang banyak.

Nah berikut 5 Tips Menulis Cepat dan Mudah dilakukan oleh siapapun.

1. Berpikir Hanya Satu Detik

Emangnya bisa? Gimana caranya? Bisa kok. Semua orang juga kalau sudah biasa pasti bisa. Caranya hanya dengan menulis dan berpikir satu detik. Hmmm… Jadi kamu harus coba sendiri. Kamu tulis apa saja dan berpikir hanya satu detik.
Kamu juga harus begitu yakin akan adanya kepastian ini. Kamu harus yakin bahwa ide itu datang saat menulis.
Kalau tidak, kemungkinan besar akan gagal. Sekali lagi ingat ya, ide itu datang saat kamu menulis!

2. Jangan Pakai Tombol Backspace

Kira-kira kamu telah menekan tombol backspace berapa kali? Ratusan? Ribuan. Ini hanya berlaku pada mengetik. Jika kamu menulis, tidak usah dinonaktifkan tombol ini. Tapi, jika kamu menulis dan ada tombol ini, matikan sekarang juga kalau ada (cuma bercanda kok :D)
Tombol ini sangat mengganggu kamu dalam mengetik. Kamu terlalu takut salah sehingga terus menekan tombol ini. Tulisanmu tidak akan jadi. Idemu tidak akan datang. Jadi jangan terpaku dengan tombol ini ya.
Bagaimana cara mengnonaktifkannya? Googling donk, jangan malas. Banyak kok yang share

3. Jangan Pakai Penghapus / Tip-ex

Kamu suka beli penghapus atau Tip-ex. Boleh sih. Tapi jangan dipakai jika kamu mau menulis cepat dan mudah. Kalau bisa, minta siapa pun untuk menyembunyikan penghapusmu. Sama seperti “Jangan Pakai Tombol Backspace”, namun yang ini khusus untuk yang menulis pakai pensil atau pulpen.
Jika kamu sering menghapus tulisanmu, kapan jadinya? Kamu menghapus terus idemu yang telah ada. Kamu bisa menghambat datangnya idemu. Jadi, jangan pakai penghapus atau tip-ex dulu ya.

4. Untuk Anak Kecil, Bukan Professor!

Jangan menganggap tulisanmu akan disodorkan kepada professor. Hal itu akan membuatmu takut menulis, takut salah, takut dikritik, takut tulisanmu tak akan diterima.
Jika kamu menulis seperti untuk professor, kamu tidak akan menulis dengan cepat dan mudah. Tulisanmu akan terhambatmu. Idemu tersumbat. Jadi, buanglah jauh-jauh kebiasaan dalam menulis ini.
Berbeda jika kamu menulis seperti untuk anak kecil. Kamu jadi lebih leluasa dalam menulis. Kamu menulis tanpa ada tekanan. Idemu akan mengalir terus-menerus.

5. Ganti Tulisan dengan Warna Putih

Ini khusus untuk yang mengetik. Jadi, kamu ganti warna tulisanmu dengan warna putih. Tidak akan terlihatkan? Memang begitu. Jika kamu melakukan ini, kamu tidak akan bisa melihat tulisanmu sendiri, sehingga tidak akan banyak kritik dan takut salah. Kamu akan jadi lebih PD dalam menulis. Kamu akan cepat mengetik. Idemu akan ngantri diotakmu.
Untuk mendukung tips-tips diatas. Kamu harus berniat dengan sungguh-sungguh dulu. Bagaimana caranya? Kamu disarankan agan mempunyai rasa kecintaan pada menulis. Kamu bisa baca artikelnya di 3 Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Menulis dengan Mudah.
Nah bagaimana 5 Tips Menulis Cepat dan Mudah diatas? layak untuk dicoba kan?
lalu sekarang apa? Ya pratikkan dong. Tidak ada orang yang bisa menulis dengan hanya mengetahui teorinya saja.
Sama seperti berenang, orang tidak akan jago berenang tanpa praktik berenang. Orang tidak akan bisa berenang dengan hanya mempelajari teorinya saja. Oleh karena itu praktik dan praktik!
Sekian. Semoga bermanfaat