9 Website untuk Menjual Kerajinan Tangan Indonesia

Salah satu keluhan terbanyak dari para pelaku Industri kerajinan tangan adalah “dimana tempat menjual kerajinan tangan yang saya ciptakan ini?”, atau “Bagaimana cara saya menjangkau konsumen produk kerajinan ini?”.

Karena masalah itulah banyak sekali yang putus asa ditengah jalan hingga akhirnya takut membuat kerajinan. Namun di era sekarang ini, hal itu sudah bukan lagi masalah.

9 Situs tempat menjual Kerajinan Tangan Indonesia

Banyaknya situs marketplace yang memberikan kesempatan kepada produsen kerajinan tangan untuk membuka toko secara gratis bisa menjadi solusi bagi anda yang mencari tempat jual kerajinan tangan yang Anda ciptakan.

Berikut 8 situs tempat jual kerajinan tangan karya Anda.

1. BukaLapak.com

BukaLapak menjual bermacam-macam produk

BukaLapak menjual bermacam-macam produk

Bukalapak adalah salah satu pasar online ternama di Indonesia yang dipunyai dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.

Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen dimana saja. Siapa pun dapat membuka toko/ lapak untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan maupun dalam jumlah banyak.

Orang maupun perusahaan bisa membeli dan menjual produk, baik baru ataupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.

Di BukaLapak banyak juga pelaku industry kerajinan tangan yang menjual barang dagangannya.

Baca juga: 15 Contoh Kerajinan dari Kain Flanel Beserta Cara Membuatnya

2. Qlapa.com

Qlapa.com merupakan marketplace khusus kerajinan tangan yang paling terkenal

Qlapa.com merupakan marketplace khusus kerajinan tangan yang paling terkenal

Baru dibentuk pada tanggal 1 November 2015, marketplace produk hand made lokal yang didirikan oleh Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius ini sudah mendapat pendanaan langkah awal dengan jumlah yang tidak disebutkan.

Meski baru berjalan beberapa bulan, Qlapa.com mengklaim bila mereka sudah mempunyai ribuan produk hand made di bulan Januari 2016 lalu, dengan jumlah penjual yang sampai ke ratusan orang.

Di situs Qlapa, anda dapat membeli berbagai produk, seperti pakaian etnik, aksesoris, alas kaki, dan perabot rumah tangga.

Semua yang dijual disini murni kerajinan tangan hasil karya UMKM atau perorangan. Cocok sebagai tempat jual kerajinan tangan karya Anda.

3. Heritage.id

Heritage.id ingin menggebrak dominasi marketplace kerajinan yang lain

Heritage.id ingin menggebrak dominasi marketplace kerajinan yang lain

Karena kecintaan yang besar terhadap produk buatan asli Indonesia, maka situs marketplace Heritage.id berdiri. CEO Heritage.id bernama Aizza Jundana

Heritage.id ingin membantu mempromosikan serta memasarkan berbagai merek produk Indonesia dengan harapan bisa ikut serta melestarikan budaya, tradisi dan nilai-nilai seni Indonesia, serta ikut mengembangkan produk karya para pengrajin Indonesia, dan juga menghubungkan seniman lokal,desainer, dan produsen langsung ke pelanggan global.

Heritage.id berharap dapat membantu para pengrajin tradisional yang masih banyak di daerah mendapatkan keuntungan dan pendapatan yang adil, hal itu yang kemudian jadi komitmen dari para pendiri situs ini.

Heritage juga sangat cocok bagi Anda yang ingin menjual kerajinan tangan karya Anda.

4. Craftline.co.id

Crafline juga menjual ribuan jenis produk kerajinan

Crafline juga menjual ribuan jenis produk kerajinan

Startup asal Surabaya ini sebelumnya merupakan situs iklan baris, sebelum kemudian melakukan pivot jadi marketplace. Sekarang ini, di situs Craftline, anda dapat menjual dan membeli bermacam-macam jenis produk kerajinan lokal seperti perabotan rumah, sandal, dan tas.

Di bulan Mei 2014, Craftline sudah memiliki lebih dari 600 pemakai dengan hampir 600 produk di situs mereka. Craftline juga sudah menyediakan berbagai pilihan pembayaran, seperti kartu kredit, PayPal, ATM transfer, dan e-money.

Bagi anda yang mencari tempat menjual kerajinan tangan online, Crafline sangat cocok dijadikan pilihan.

5. Tokopedia.com

Tokopedia bisa menjadi solusi yang ingin mejual kerajinan karyanya

Tokopedia bisa menjadi solusi yang ingin mejual kerajinan karyanya

Tokopedia.com adalah salah satu mall online di Indonesia yang mengusung bentuk bisnis marketplace dan mall online. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengurus toko online.

Barang-barang yang dijual Tokopedia sangatlah banyak dan beragam. Bukan hanya barang eletronik dan fashion, kerajinan tangan pun boleh dipasarkan disini.

Semenjak diluncurkan sampai akhir 2016, layanan dasar Tokopedia bisa dipakai oleh seluruh orang secara cuma-cuma. Sangat cocok sebagai tempat jual kerajinan tangan karya Anda.

Lewat visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia mempunyai program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memasarkan produk secara online

Baca juga: 12 Kerajinan Tangan dari Sedotan Bekas yang Unik

6. WebeMall.co.id

WebeMall mengizinkan produsen untuk menjual kerajinan tangnnya

WebeMall mengizinkan produsen untuk menjual kerajinan tangnnya

Semenjak tahun 1998, Wenny Sulistiowaty Hartono memiliki sebuah usaha tas dan dompet dari tanaman eceng gondok. Sebab perkembangan jual beli online yang begitu cepat, dia akhirnya meluncurkan sebuah marketplace untuk produk tas dan dompet dengan nama WebeMall pada tanggal 19 Mei 2016 .

WebeMall menargetkan jumlah transaksi sampai Rp10 miliar sampai akhir tahun 2016. Untuk merealisasikan hal itu, mereka akan menggandeng artis-artis terkenal demi mendorong kepopuleran mereka.

7. KuKa.co.id

Tampilan situs jualan kerajinan tangan, KuKa.co.id

Tampilan situs jual kerajinan tangan, KuKa.co.id

Besarnya potensi produk hand made di Indonesia, membuat seorang investor perumahan bernama Tito akhirnya kembali ke Indonesia sesudah 15 tahun tinggal di Amerika Serikat. Di bulan September 2015, dia pun menciptakan sebuah marketplace yang bernama KuKa.co.id.

Berbekal kedekatan emosional yang dibangunnya dengan para penjual, sekarang ini Ku Ka sudah memiliki sekitar 554 penjual aktif dengan jumlah produk yang sampai ke 3.584 barang. Tiap harinya, Ku Ka dapat menerima 20 sampai 50 transaksi dengan nilai penjualan sekitar Rp10 juta sampai Rp60 juta.

Kuka.co.id sangat cocok menjadi tempat menjual kerajinan tangan bagi UKM di Indonesia.

8. Inacraft-mall.com

Inacraft-Mall.com marketplace resmi buatan ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia)

Inacraft-Mall.com marketplace resmi buatan ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia)

Inacraft-mall.com adalah salah satu marketplace pertama yang mengkhususkan pada produk-produk kerajinan atau handicraft yang terdapat di Indonesia.

Inacraft-Mall.com adalah salah satu merupakan karya dari ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia) dan merupakan media altenatif dari acara pameran Inacraft yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Inacraft-mall.com selalu mengembangkan layanan dan teknologi untuk mempermudah para peminat kerajinan Indonesia untuk mendapatkan produk yang dibutuhkannya, berguna untuk para pelaku industri kerajinan tangan Indonesia.

Seperti halnya dengan situs layanan jual-beli Online lainnya, Inacraft-Mall.com menyediakan fasilitas transaksi jual-beli untuk semua orang dengan menawarkan kemudahan untuk membuka toko online di Inacraft-mall.com dan melayani pelanggan dari seluruh Indonesia ataupun luar negeri untuk transaksi baik secara eceran ataupun grosir.

9. Kadokadi.com

KadoKadi cocok sebagai tempat jual kerajinan tangan karyamu

KadoKadi cocok sebagai tempat jual kerajinan tangan karyamu

KadoKadi ialah marketplace kerajinan tangan lokal yang lahir pada akhir tahun 2013 lalu. Mereka menjual bermacam-macam jenis produk seperti pakaian, sepatu, dan perhiasan.

Pada bulan Juli 2014, KadoKadi mengklaim bila mereka sudah memiliki 70 penjual, dengan 150 barang terjual setiap bulannya. Selain lewat situs web, KadoKadi juga dapat diakses lewat aplikasi iOS.

Baca juga: 20 Ide Kerajinan dari Ban Bekas Yang Bisa Anda Coba

Nah itulah tadi 9 website untuk menjual kerajinan tangan hasil karya Anda. Jadi sekarang tidak perlu bingung lagi menjual karya-karya yang Anda buat. Tinggal pasang gambar dan harga produk-produk, lalu tunggulah orderan datang dengan sendirinya 😀

Jangan takut berkarya dan teruslah berkarya untuk Indonesia, karena semua ada solusinya. Jayalah UMKM Indonesia

Pencarian Terkait:

  • penampung hasil kerajinan
  • tempat jual kerajinan